Jumat, 19 April 24

Lepas ke Publik Harga Saham IPCC Meningkat 75 Poin

Lepas ke Publik Harga Saham IPCC Meningkat 75 Poin
* Pencatatan saham perdana IPCC di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode perdagangan PT IPC Car Terminal (IPCC), Senin (9/7/2018). (foto: Istimewa)

Jakarta, Obsessionnews.comPT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT) Tbk, anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Indonesia Port Coorpration (IPC), resmi melakukan pencatatan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode perdagangan PT IPC Car Terminal (IPCC), Senin (9/7/2018). Dengan begitu tentu saja IPC memberikan apresiasi yang positif kepada PT IPCC.

Direktur Utama IPC Elvyn G Masassya mengatakan, respons investor yang begitu positif menunjukkan  saham IPCC memiliki prospek yang bagus. “Kami mengapresiasi respons positif yang ditunjukkan investor atas listingnya saham IPCC di BEI. Hal itu menunjukkan kepercayaan publik yang begitu besar atas prospek PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk,” ujar Elvyn yang ikut memonitor penjualan saham perdana IPCC.

IPO IKT

Pada saat pembukaan perdagangan hari ini, saham IPCC dibuka di harga Rp1.640. Pelepasan saham ke publik ini langsung disambut baik investor, dan saat penutupan, harga saham IPCC tembus di level Rp1.715, meningkat 75 poin.

“Jumlah saham yang ditawarkan sebanyak 509.147.700 lembar saham, dengan free float 28% dari jumlah saham,” tutur Elvyn.

PT IKT Tbk yang merupakan terminal yang secara khusus diusahakan secara komersial untuk memberikan jasa pelayanan terminal kendaraan, tercatat sebagai emiten ke-25 yang melantai di BEI pada tahun 2018.

Anak perusahaan IPC ini juga satu-satunya operator terminal di Indonesia yang didedikasikan khusus untuk kendaraan, dimana merupakan pengelola terminal mobil terbesar ke-3 di Asia Tenggara dan terbesar ke-27 di dunia saat ini yang disiapkan tidak hanya untuk mobil, melainkan alat berat, truk, bus dan suku cadang.

“Perseroan mengelola lahan seluas 31 hektar dengan kapasitas 700 ribu unit kendaraan per tahun,” ungkapnya.

Untuk itu, hingga tahun 2022 PT IKT Tbk menargetkan perluasan lahan seluas 89,5 hektar dengan kapasitas 2,1 juta kendaraan. “Dengan demikian, perseroan diproyeksikan menjadi pengelola terminal mobil terbesar ke-5 di dunia,” ucapnya.

Menurut Elvyn, dengan listingnya saham IPCC di bursa, maka kinerja PT IKT Tbk dituntut lebih profesional dan transparan, serta semakin ketat menerapkan prinsip-prinsip good corporate governance. PT IKT Tbk. selaku anak perusahaan IPC juga akan menjadi contoh penerapan best practices korporasi kelas dunia, khususnya bagi anak perusahaan IPC lainnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.