Jumat, 20 Mei 22

Leonard Kleinrock Bapak Internet

Leonard Kleinrock Bapak Internet
* Leonard Kleinrock. (Sumber foto: flair.co)

Jakarta, Obsessionnews.com – Internet merupakan jaringan yang mampu mengunggah hingga miliaran data atau informasi di dunia yang mempunyai segudang manfaat. Selain bermanfaat untuk menambah wawasan penggunanya, internet juga berguna sebagai sarana atau media hiburan bagi pengguna, seperti mendengarkan lagu secara online, menonton video, melakukan chatting dengan teman baru, atau bisa juga main game online.

Berbagai informasi bermanfaat bisa kita temukan di internet, seperti mencari berita politik, ekonomi, tips kesehatan, pengertian internet, olahraga, dan masih banyak lagi di mesin pencari terbaik saat ini, yakni Google.com.

Tahukan Anda siapa penemu internet? Penemunya adalah Leonard Kleinrock. Dikutip dari Wikipedia.org Kleinrock lahir di New York CityNew YorkAmerika Serikat13 Juni 1934. Ia  seorang insinyur dan ilmuwan Amerika Serikat yang disebut sebagai Bapak Internet. Profesor ilmu komputer di UCLA Henry Samueli Sekolah Teknik dan Sains ini membuat kontribusi penting beberapa bidang jaringan komputer, khususnya untuk sisi teoretis jaringan komputer.

Kleinrock dikenal karena kontribusinya dalam dunia jaringan. Karyanya yang paling terkenal dan signifikan adalah teori pertukaran paket melalui makalahnya pada tahun 1959 dan pada tahun 1961 tentang pertukaran paket dalam kaitannya dengan paket teknologi.

Pada 29 Oktober 1969 Kleinrock menciptakan salah satu penemuan terbesar menjelang abad modern, yaitu internet, yang secara tidak sengaja berhasil memecahkan kode digital dan menjadikannya sebagai paket-paket yang terpisah. Kleinrock pun adalah salah satu pelopor jaringan komunikasi digital, dan membantu membangun ARPANET.

Pendidikan dan Karier 

Kleinrock lahir pada tanggal 13 Juni 1934 di Kota New York. Ia lulus dari Bronx High School of Science pada tahun 1951 dan ia menerima gelar Sarjana Teknik elektro dan ilmu Komputer 1957 dari City College of New York. Pada 1959 dan 1963, ia mendapatkan gelar master dan doktor (Ph.D.) di bidang teknik elektro dan ilmu komputer dari Institut Teknologi Massachusetts.

Setelah menyelesaikan pendidikan ia kemudian bergabung dengan fakultas di Universitas California di Los Angeles (UCLA), Sekolah Teknik dan Sains Terapan, di mana ia bekerja di sana sebagai profesor ilmu komputer.

ARPANET dan Internet

Pesan pertama ARPANET dikirim oleh UCLA, mahasiswa programmer Charley Kline, pukul 10.30 WIB, 29 Oktober 1969 dari boelter Hall 3420. Ia dibimbing oleh Kleinrock. Kline ditransmisikan dari Universitas Komputer SDS Sigma ke Stanford. Dua huruf yaitu LO diketik pada keyboard di Universitas California, Los Angeles (UCLA), dan muncul pada layar di Stanford Research Institute, 314 mil jauhnya. Para ilmuwan komputer bermaksud untuk instruksi LOGIN, tetapi sambungan ini hilang tepat sebelum G.

Pada 1988 Kleinrock adalah ketua kelompok Jaringan Penelitian Nasional untuk Kongres AS. Laporan ini sangat berpengaruh dan digunakan untuk mengembangkan Computing High Performance UU tahun 1991 [8] yang berpengaruh dalam perkembangan Internet seperti yang dikenal saat ini. Pendanaan dari Rancangan Undang-Undang (RUU) itu digunakan dalam pengembangan browser web tahun 1993 Mosaic , di National Center for Supercomputing Applications (NCSA).

Sekarang ini teknologi internet hadir sebagai media multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara massal, misalnya mailing list. Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metode konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.

Penghargaan

Kleinrock telah menerima banyak penghargaan. Kleinrock dipilih untuk menerima penghargaan bergengsi, yaitu Nasional of Science, sebuah kehormatan ilmiah bangsa, dari Presiden George W. Bush di Gedung Putih pada 29 September 2008.

Sebelumnya ia mendapatkan penghargaan The 2007 National Medal of Science dalam memberikan kontribusi fundamental kepada teori matematika jaringan data modern, dan untuk spesifikasi fungsional switching paket, yang merupakan dasar teknologi internet generasi mentoring. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.