Sabtu, 20 Agustus 22

Lelucon Presiden Indonesia ‘Gila’ versi Gus Dur yang Bikin Castro Tertawa

Lelucon Presiden Indonesia ‘Gila’ versi Gus Dur yang Bikin Castro Tertawa
* Fidel Castro.
Berita kematian Castro sejak kemarin hingga Minggu (27/11) menjadi trending topic di Indonesia dan dunia versi mesin pencari Google.

Jakarta, Obsessionnews.com – Mantan Presiden Kuba Fidel Castro meninggal dunia pada Sabtu (26/11/2016). Pemimpin revolusi komunis Kuba itu tutup usia dalam usia 90 tahun.  Berita kematian Castro sejak kemarin hingga Minggu (27/11) menjadi trending topic di Indonesia dan dunia versi mesin pencari Google. Pengamatan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia pada Minggu hingga pukul 7.16 WIB berita tersebut dicari lebih dari 50.000 kali. Sedangkan di Google Trends wilayah global berita tentang Castro dicari lebih dari 520.000 kali.

Castro berkuasa hampir  setengah abad. Karena alasan kesehatan ia mengundurkan diri dari jabatannya, dan menyerahkan kekuasaan kepada adiknya, Raul Castro, pada 2008.

Berbicara tentang Castro rasanya kurang afdol kalau tidak menyinggung tentang Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Berbicara tentang Castro rasanya kurang afdol kalau tidak menyinggung tentang Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Tahun 2000 Presiden Gus Dur menghadiri KTT Non Blok di Havana, ibukota Kuba.

Gus Dur dan Fidel Castro.
Gus Dur dan Fidel Castro.

Ada cerita lucu saat Castro bertemu dengan Gus Dur di Hotel Melia Havana, Jumat malam, 14 April 2000. Selain menggunakan sandal jepit, Gus Dur juga mampu bikin Castro tertawa. Kisah ini diceritakan Kepala Protokoler Istana Wahyu Muryadi dalam beberapa acara di televisi. Wahyu saat itu mendampingi Gus Dur bersama rombongan datang ke Havana untuk menghadiri acara KTT Non Blok

Wahyu menceritakan Castro mendadak datang ke hotel tempat Gus Dur menginap. Uniknya, Gus Dur waktu itu masih memakai sandal jepit. Kedatangan Castro jelas membuat Gus Dur panik. Dia bergegas mengenakan celana panjang. Namun, Gus Dur tak sempat memakai sepatu.

Setelah membahas sesuatu yang serius terkait KTT Non Blok selama 30 menit, Gus Dur dan Castro pun beradu lelucon. Ketika itu Gus Dur menyampaikan lelucon tentang presiden-presiden Indonesia yang ‘gila’.

Menurut Gus Dur, presiden RI pertama ‘gila’ wanita, presiden RI kedua ‘gila’ harta, dan presiden RI ketiga ‘gila’ teknologi.

Menurut Gus Dur, presiden RI pertama ‘gila’ wanita, presiden RI kedua ‘gila’ harta, dan presiden RI ketiga ‘gila’ teknologi. “Terus presiden yang keempat, coba Pak Castro tebak,” kata Gus Dur saat itu.

I don’t know,” jawab Castro.

“Kalau saya ini yang memilih orang-orang ‘gila’,” kata Gus Dur.

“Kalau saya ini yang memilih orang-orang ‘gila’,” kata Gus Dur.

Lelucon versi Gus Dur tersebut membuat Castro terpingkal-pingkal. (@arif_rhakim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.