Rabu, 17 Juli 19

Layang-layang Wonderful Indonesia Bakal Ramaikan PIKF 2019

Layang-layang Wonderful Indonesia Bakal Ramaikan PIKF 2019
* Festival layang-layang. (Foto: Jabarnews)

Jakarta, Obsessionnews.com – Sebanyak 10 negara akan ikut ambil bagian menjadi peserta Pangandaran Internasional KITE Festival (PIKF 2019) akan berlangsung selama tiga hari, 12-14 Juli 2019 di lapangan Katapang Doyong Pantai Timur, Pangandaran. Rencananya festival layang-layang ini akan dibuka oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya.

 

Baca juga:

Diikuti 10 Negara, Pangandaran Gelar Festival Layang-layang

Pasukan Garuda Darfur Gelar Festival Layang-layang

 

10 negara peserta yakni Jepang, Malaysia, Thailand, Italia, Selandia Baru, India, Polandia, Prancis, Macau dan tuan rumah Indonesia. Adapun pelayang nasional yang ikut serta memeriahkan PIKF ini berasal dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan dan Kepulauan Riau.

Dalam fetival itu juga terbuka untuk para mahasiswa atau pelajar dari Eropa dan Asia yang sedang mengikuti pertukaran pelajar di Indonesia. Acara ini digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pangandaran bersama Persatuan Layang Layang Pangandaran (PERLAP) dan didukung Kemenpar dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Pangandaran Undang Sohbarudin mengatakan, kegiatan PIKF 2019 ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan mengembangkan ekonomi kreatif ke Pangandaran.

“Untuk meningkatkan kunjungan para wisatawan di Pangandaran, kegiatan PIKF tidak hanya menggelar lomba layang-layang tetapi ada layang- layang kreatif, layang-layang malam, layang-layang tradisional dan berbagai pertunjukan kesenian tradisional, lomba, bersih pantai dan festival kuliner,” kata Undang dilansir dari Mediaindonesia.com, Rabu (10/7/2019).

Salah satu tujuannya dari PIKF ini ini, untuk menarik wisatawan asing dan juga lokal hingga ke penjuru Indonesia. Selain itu, tujuan dari event ini adalah sebagai ajang promosi daerah dalam upaya Kabupaten Pangandaran untuk menata diri serta mewujudkan Kabupaten Pangandaran sebagai daerah tujuan wisata berkelas dunia.

Dalam acara itu, Menpar Arief Yahya akan menerbangkan layang-layang raksasa berlogo Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia di langit Pangandaran, Jawa Barat. Layang-layang raksasa tersebut akan mengangkasa bersama layang layang kreasi peserta dari negara lain.

“Sekaligus sebagai ajang promosi Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia kepada peserta dari luar negeri dan masyarakat umum yang hadir di acara bertajuk international ini,” tutur Kabid Pemasaran 1 Area Jawa Kementerian Pariwisata, Wawan Gunawan.

Layang -layang Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia khusus dibuat oleh Koswana, seorang pengrajin layang-layang dari Jalan Kidang Pananjung Lok Kantor Pos Pantai Timur Pangandaran atas gagasan dari Gunawan. Tujuannya, ingin mengapresiasi event bergengsi ini. 

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata menjelaskan perihal Layang -layang Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia itu. Kata dia, desainnya sengaja dibuat jumbo. Ukurannya lumayan besar. Dimensinya dibuat 3 x 4 meter. Ekornya juga dibuat panjang. Dimensinya 7 meter dengan tulisan Kemenpar.

“Saya kira ide Pak Wawan Gunawan sangat bagus. Ini akan mengangkat brand Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. Saya akan dukung gagasan ini. Layang layang Kemenpar akan diterbangkan 13 Juli 2019 saat acara seremonial. Durasi penerbangan pukul 10 pagi sampai selesai,” ujar bupati Wiradinata.

Tak hanya itu. Pada 14 Juli 2019, layang layang Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia juga bakal mengangkasa kembali. Komentar Menpar Arief Yahya pun sangat positif. Dia langsung melayangkan emoji tiga jempol dan memberikan restu untuk penggagas ide ini.

“Layang layang dengan desain Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia itu bakal menjadi oyjek foto-foto dan viral di media sosial. Saya kira akan sangat bagus bila banyak orang yang selfie dengan background dua layang layang tadi,” kata Menpar, Arief Yahya.

Bagi Menpar, ide ini sangat brilian. Sangat orisinil. Ini dibaratkan sebagai jembatan antara event layang-layang dengan kesuksesan promo Wonderful Indonesia pada bus-bus di luar negeri. Sekedar gambaran, cara seperti ini sudah dilakukan Arief sejak EURO Cup 2016 di Perancis.

Wonderful Indonesia seolah-olah ikut mensponsori Piala Eropa sebagai kompetisi antar Negara Eropa yang paling dinanti setiap 4 tahun sekali. Juga saat pameran wisata terbesar dunia seperti ITB Berlin. Saat itu, bus-bus wisata dibungkus brand Wonderful Indonesia dan berkeliling di tempat-tempat ikonik di Berlin.

Hal serupa juga dilakukan pada World Cup 2018 yang dilangsungkan di Moskow dan Saint Petersburg, Rusia. Bus-bus yang keliling untuk pariwisata juga dibungkus dengan logo dan desain gambar Pesona Indonesia.

“Foto-fotonya juga viral dan menjadi trending topic. Saya kira kita juga bisa melakukan hal itu di Pangandaran International Kite Festival,” ucap mantan Dirut Telkom itu. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.