Senin, 20 September 21

Laut Harus Menjadi Media Peradaban Indonesia

Press Release

Jakarta – Ketua Umum Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (ISLA) Universitas Hasanuddin (UNHAS) Darwis Ismail ST MMA menegaskan, akan bertekad untuk menjadikan laut sebagai media sejarah peradaban bangsa Indonesia. Menurutnya, komitmen ini sebagai upaya menuju kebersamaan membangun bangsa Indonesia serta saling berbagi bersama warga pesisir.

Untuk itu dalam rangka peringatan World Ocean Day atau Hari Laut Sedunia tanggal 8 Juni 2017, ISLA UNHAS bersiap untuk memperingatinya dengan mengadakan silaturahmi bersama warga pesisir Jakarta. Rencananya, kegiatan ini akan digelar di Museum Bahari Jakarta, Kelurahan Penjaringan Jakarta Utara, dan ISLA Unhas akan berbaur dengan warga sekaligus berbuka puasa bersama serta berbagi berkah kepada warga disekitaran lokasi kegiatan.

“Kami sebagai Alumni Kelautan merasa perlu untuk menyampaikan hal ini, bahwa laut seharusnya sudah menjadi instrumen utama pembangunan negara ini dengan mengedepankan prinsip ekonomi berkelanjutan agar potensi besar ini dapat termanfaatkan dengan bija,” kata Darwis Ismail, Selasa (7/6), di Sekretariat ISLA Jabodetabek Ruko Angsana Park, Rawajati Timur, Kalibata Jakarta Selatan.

Sejalan dengan ini, Hari Laut Sedunia yang peringati setiap tanggal 8 Juni, diajukan pertama kali pada tahun 1992 oleh Kanada di Earth Summit di Rio de Janeiro, Brasil dan disahkan oleh PBB pada akhir tahun 2008. Hari peringatan ini bertujuan untuk menghargai lautan di dunia dengan merayakan manfaat yang disediakan oleh laut, seperti makanan laut, kehidupan laut, jalur pelayaran untuk perdagangan internasional, serta media sejarah peradaban.

Selain itu, peringatan hari laut sedunia mengajak kita untuk peduli keberlanjutan laut dan juga melakukan aksi real untuk menjaga kelangsungan sumberdaya kelautan di Indonesia. (*)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.