Sabtu, 20 April 24

Larangan Bikin Lelucon yang Berbahaya!

Larangan Bikin Lelucon yang Berbahaya!
* Acungkan pistol di kepala. (Foto: mediafaktanews)

Berikut ini adalah penjelasan terkait sebab-sebab kebinasaan, baik yang dilakukan secara sungguhan ataupun lelucon adalah sama saja.

▪️ Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

ﻟَﺎ ﻳُﺸِﻴﺮُ ﺃَﺣَﺪُﻛُﻢْ ﺇِﻟَﻰ ﺃَﺧِﻴﻪِ ﺑِﺎﻟﺴِّﻠَﺎﺡِ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻟَﺎ ﻳَﺪْﺭِﻱ ﺃَﺣَﺪُﻛُﻢْ ﻟَﻌَﻞَّ ﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥَ ﻳَﻨْﺰِﻉُ ﻓِﻲ ﻳَﺪِﻩِ ﻓَﻴَﻘَﻊُ ﻓِﻲ ﺣُﻔْﺮَﺓٍ ﻣِﻦْ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ

“Tidak boleh salah seorang dari kalian mengacungkan senjata kepada saudaranya, karena dia tidak tahu bisa jadi setan menghempaskannya dari tangannya, hingga dia jatuh ke dalam jurang Neraka.”

Muttafaqun Alaih

▪️ Asy Syaikh Al ‘Allaamah Muhammad Al ‘Utsaimin rahimahullah mengatakan:

“Dan demikian pula yang dilakukan oleh sebagian orang yang kurang akalnya, dia naik mobil dengan cepat menuju ke orang yang sedang berdiri atau duduk atau tidur, dengan maksud mencandainya, lalu dia belokkan dengan cepat ketika sudah dekat dengannya agar tidak menabraknya.

Maka ini juga terlarang darinya, seperti tindakan mengacungkan senjata, karena dia tidak tahu, bisa jadi setan mengambil kendali dari tangannya, sehingga dia tidak dapat mengendalikan mobilnya, dan ketika itulah dia jatuh ke dalam jurang Neraka.

Dan diantara hal ini, adalah menunjuk dengan anjing (memerintahkan mendekat), seseorang mempunyai anjing, dan ada orang lain yang berkunjung kepadanya atau tujuan yang semisalnya, lalu dia menunjukkan anjing dengannya yakni memerintahkan anjingnya (mendekat) kepada orang tersebut, karena bisa jadi anjing itu lari dan memakan orang tersebut atau melukainya, dan si pemiliknya tidak mampu menyelamatkannya setelahnya.

Dan yang penting bahwa semua sebab sebab kebinasaan, manusia dilarang untuk melakukannya, sama saja apakah serius (sungguhan) ataupun lelucon (gurauan)”.

Syarh Riyadhush Shalihin

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻋﻦ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ ‏:

ﻻ ﻳﺸﻴﺮ ﺃﺣﺪﻛﻢ ﺇﻟﻰ ﺃﺧﻴﻪ ﺑﺎﻟﺴﻼﺡ ﻓﺈﻧﻪ ﻻ ﻳﺪﺭﻱ ﻟﻌﻞ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻥ ﻳﻨﺰﻉ ﻓﻲ ﻳﺪﻩ ﻓﻴﻘﻊ ﻓﻲ ﺣﻔﺮﺓ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺭ

ﻣﺘﻔﻖ عليه

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﻣﺤﻤﺪ ﺍﻟﻌﺜﻴﻤﻴﻦ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ :

ﻭﻛﺬﻟﻚ ﺃﻳﻀﺎ : ﻣﺎ ﻳﻔﻌﻠﻪ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﺴﻔﻬﺎﺀ، ﻳﺄﺗﻲ ﺑﺎﻟﺴﻴﺎﺭﺓ ﻣﺴﺮﻋﺎ ﻧﺤﻮ ﺷﺨﺺ ﻭﺍﻗﻒ ﺃﻭ ﺟﺎﻟﺲ ﺃﻭ ﻣﻀﻄﺠﻊ ﻳﻠﻌﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﺛﻢ ﻳﺤﺮﻛﻬﺎ ﺑﺴﺮﻋﺔ ﺇﺫﺍ ﻗﺮﺏ ﻣﻨﻪ ﺣﺘﻰ ﻻ ﻳﺪﻫﺴﻪ

ﻫﺬﺍ ﺃﻳﻀﺎ ﻳﻨﻬﻰ ﻋﻨﻪ، ﻛﺎﻹﺷﺎﺭﺓ ﺑﺎﻟﺤﺪﻳﺪﺓ ﻷﻧﻪ ﻻ ﻳﺪﺭﻱ ﻟﻌﻞ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻥ ﻳﻨﺰﻉ ﻓﻲ ﻳﺪﻩ ﻓﻼ ﻳﺘﺤﻜﻢ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﻴﺎﺭﺓ ﻭﺣﻴﻨﺌﺬ ﻳﻘﻊ ﻓﻲ ﺣﻔﺮﺓ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺭ،

ﻭﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﺃﻥ ﻳﺸﺮﻱ ﺍﻟﻜﻠﺐ ﺑﻪ، ﻳﻜﻮﻥ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ﻋﻨﺪﻩ ﻛﻠﺐ ﻭﻳﺄﺗﻲ ﺇﻧﺴﺎﻥ ﺁﺧﺮ ﺇﻟﻴﻪ ﺯﺍﺋﺮﺍ ﺃﻭ ﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ، ﻓﻴﺸﺮﻱ ﺍﻟﻜﻠﺐ ﺑﻪ ﻳﻌﻨﻲ ﻳﻐﺮﻳﻪ ﺑﻪ، ﻓﺈﻧﻪ ﺭﺑﻤﺎ ﻳﻨﻄﻠﻖ ﺍﻟﻜﻠﺐ ﻭﻳﺄﻛﻞ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺮﺟﻞ، ﺃﻭ ﻳﺠﺮﺣﻪ ﻭﻻ ﻳﺘﻤﻜﻦ ﻣﻦ ﻓﻀﻪ ﺑﻌﺪ ﺫﻟﻚ .

ﻓﺎﻟﻤﻬﻢ ﺃﻥ ﺟﻤﻴﻊ ﺃﺳﺒﺎﺏ ﺍﻟﻬﻼﻙ ﻳﻨﻬﻰ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ﺃﻥ ﻳﻔﻌﻠﻬﺎ ﺳﻮﺍﺀ ﺃﻛﺎﻥ ﺟﺎﺩﺍ ﺃﻡ ﻫﺰﻻ.

شرح رياض الصالحين

(Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.