Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Lapor Kinerja Tahunan, Legislasi Bukan Prioritas Utama DPR

Lapor Kinerja Tahunan, Legislasi Bukan Prioritas Utama DPR

Jakarta, Obsessionnews.com – Ketua DPR RI Ade Komarudin menuturkan kinerja DPR dalam hal legislasi mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. ‎Sepanjang tahun 2015-2016 DPR kata dia, berhasil merampungkan 16 RUU, dimana sebelumnya hanya 12 RUU.

Ade menyatakan, kinerja DPR dalam hal legislasi memang tidak menjadi prioritas utama yang harus diselesaikan. Pasalnya, Presiden Joko Widodo pernah menyatakan, bahwa DPR tidak perlu rajin membuat UU.

“Patut dicermati pernyataan Presiden Jokowi pada Maret 2016 yang menyatakan DPR tak harus mengejar jumlah UU yang dihasilkan, tapi juga kualitas yang dihasilkan,” kata Ade di Sidang Paripurna DPR, Senin (29/8/2016).

Sesuai saran Jokowi, kata dia, DPR cukup menghasilkan lima UU dalam setahun yang penting UU itu berkualitas. Menurutnya, semakin banyak aturan juga tidak baik, karena bisa jadi bisa membatasi masyarakat.

“Dalam UUD 1945 disebutkan DPR memegang kekuasaan membentuk UU. Tapi pada pasal lainnya disebutkan juga harus mendapatkan persetujuan bersama antara DPR dan pemerintah,” kata Ade menambahkan.

Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, sebagai jalan keluar, DPR dan pemerintah bisa memilih pembahasan UU yang paling mendesak dan membawa kepentingan rakyat banyak.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan Dewan Perwakilan Rakyat agar tidak membuat terlalu banyak undang-undang. Sebab, dikhawatirkan akan lahir banyak aturan baru yang berpotensi tumpang tindih.Terutama aturan terkait investasi, yang saat ini terus dipangkas pemerintah. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.