Selasa, 28 September 21

Lapmi HMI Gelar Latihan Jurnalistik Mahasiswa

Lapmi HMI Gelar Latihan Jurnalistik Mahasiswa

Pontianak, Obsessionnews – Lembaga pers mahasiswa Islam (Lapmi) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Komisariat Pertanian-Kehutanan Universitas Tanjungpura mengelar pelatihan jurnalistik Tingkat Dasar pada Minggu (15/11/2015), bertempat di kampus Pertanian Universitas Tanjungpura.

Kegiatan tersebut bertemakan “Menumbuhkan dan mengembangkan Jurnalisme mahasiswa” dengan menghadirkan pemateri dari kalangan professional jurnalis baik nasional maupun lokal yakni H Nur Iskandar, Jurnalis ‘Borneo Tribune’ dan pengarang buku biografi.

lapmi-2

Nur Iskandar  mantan aktivis kampus dan aktivis jurnalis, pernah menggarang buku biografi seperti Yusuf Manggabarani (polisi yang bersih), Sultan Hamid II (Perancang Lambang Negara), Prof Dr Hadari Nawawi (Rektor Universitas Tanjungpura), Gegana, Cornelis SH MH (Gubernur Kalimantan Barat), Bank Kalbar dan masih banyak lagi.

Menurut Direktur Lapmi HMUI, Hamidan, kegiatan tersebut rutin dilaksanakan sebagai bentuk kaderisasi dan juga sebagai menularkan virus-virus jurnalistik kepada mahasiswa Universitas Tanjungpura.

“Mahasiswa yang dikenal sebagai kaum intelektual harus membiasakan diri untuk mengasah, menganalisa suatu permasalahan sosial dan lainnya dalam bentuk tulisan baik opini maupun berita,” paparnyakepada obsessionnews.com di sela-sela kegiatan, Minggu (15/11).

lapmi-3

Pada acara ini hadir pula tokoh jurnalis berbagi pengalaman, motivasi dan inspirasi, Mursalin yang sekarang menjabat Direktur PonTV. Nur Iskandar dan Mursalim menyampaikan pengalaman dan inspirasi kepada peserta. Juga menyampaikan trik-trik jitu untuk menyampaikan tulisan agar di muat di media cetak maupun elektronik.

“Peserta yang hadir sebanyak 100 orang tersebut, termotivasi untuk menjadi jurnalis karena sederetan prestasi yang disebutkan dan pengalaman yang menumpuk yang hingga kini masih membuahkan segudang karya,” tandas Hamidan yang juga mahasiswa pertanian Universitas Tanjungpura.

lapmi4

Sementara itu, Dedi yang juga pemateri dari jurnalis lokal Tribun Pontianak menyampaikan materi tentang teknik membuat artikel agar bisa terbit di media cetak, menyampaikan membuat kalimat yang baik dan benar, membuat opini dengan struktur, logis, lugas dengan estetika yang tepat, serta memberikan permainan dengan membuat Kalimat SPOK (Subjek Predikat Objek Keterangan).

DI akhir kegiatan peserta yang aktif diberi penghargaan dan hadiah berupa buku hasil karya dari pemateri, dan peserta pun berkesempatan membuat tulisan yang nantinya akan di publikasikan lewat media-media lokal di Kota Pontianak.

“Semoga akan lahir jurnalis-jurnalis lokal yang handal dan beretika dalam forum pelatihan ini,” harapnya. (Saufi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.