Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Lapas Kelas I Cipinang Gulirkan Rehabilitasi Medis-Sosial Untuk 744 Warga Binaan

Lapas Kelas I Cipinang Gulirkan Rehabilitasi Medis-Sosial Untuk 744 Warga Binaan
* Kepala Kanwilkumham DKI Jakarta Liberti Sitinjak. (Foto: Ng)

Jakarta, Obsessionnews – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang, DKI Jakarta melakukan program rehabilitasi medis dan sosial pada 744 orang napi kasus penyalahgunaan narkoba, Rabu (03/2/21).

Rehabilitasi itu terdiri dari 300 orang rehab Medis dan 444 orang rehab Sosial, dan akan dibagi menjadi 2 tahap yakni ditahap pertama untuk 150 rehab medis dan 200 rehab sosial dilaksanakan dari bulan Januari hingga Juni, sedangkan tahap kedua untuk 150 media dan 244 sosial dilaksanakan mula bulan Juli hingga Desember 2021.

“Melalui program ini kita harapkan para warga binaan jika bebas nanti memiliki bekal keterampilan sehingga dapat kembali produktif,” kata Kepala Kanwilkumham DKI Jakarta Liberti Sitinjak di Lapas 1 Cipinang, Rabu (03/2/21).

Liberti mengatakan kepada warga Binaan Lapas Kelas I Cipanang, “manfaatkan momen ini, karena belum pernah melihat seorang pengguna narkoba maupun pengedar itu menjadi seorang terpandang di manapun berada nantinya”, pungkasnya.

Selain itu, lanjut Liberti mengatakan, peserta yang ikut rehabilitasi ini adalah mantan pecandu narkoba yang sudah mendekati masa akhir hukuman.

“Selain keterampilan, napi juga diberikan pembekalan rohani sehingga mereka benar-benar dapat menyadari kesalahan dan tidak mengulangi lagi”, ujar Liberti.

Sementara itu, Kalapas Kelas 1 Cipinang Tony Nenggolan mengatakan untuk warga binaan yang mengikuti rehabilitas medis dan sosial dilakukan di ruang layanan kunjungan selanjutnya dipisahkan ruang hunian bagi seluruh peserta rehab.

Program rehab narkotika medis dan sosial lapas 1 Cipinang terdiri dari beberapa unsur yaitu dari jajaran lapas Cipinang, petugas medis lapas 1 Cipinang, konselor dan assesor dari BNNP maupun yayasan. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.