Minggu, 29 Mei 22

LaNyalla Minta Pemerintah Beri Apresiasi kepada Relawan yang Tangani Bencana

LaNyalla Minta Pemerintah Beri Apresiasi kepada Relawan yang Tangani Bencana
* Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: Istimewa)

Jakarta, obsessionnews.com – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta pemerintah memberikan penghargaan dan apresiasi terhadap
keterlibatan relawan dalam menangani bencana.

Menurut LaNyalla, peran relawan tidaklah kecil. Mereka bahu membahu bersama pemerintah untuk menangani kebencanaan, seperti wabah Covid-19, bencana erupsi, banjir, longsor, gempa dan bencana lainnya.

“Keterlibatan relawan terhadap penanganan bencana sangat luar biasa. Saya pribadi salut dan berikan apresiasi yang tinggi pada kepedulian mereka,” kata LaNyalla, Rabu (19/1/2022).

Dia menambahkan, fakta di lapangan menegaskan bahwa dalam peristiwa bencana antusiasme komunitas atau kelompok- kelompok dalam masyarakat terbilang tinggi. Terkadang mereka mengeluarkan biaya sendiri untuk bisa sampai ke lokasi bencana.

“Bahkan ada yang meninggalkan aktivitas yang menjadi penopang kehidupannya demi menyelamatkan para korban ketika bencana terjadi. Mereka juga meninggalkan keluarganya hingga berhari-hari bahkan berminggu-minggu,” tegasnya.

Oleh karena itu, sudah selayaknya mereka mendapatkan penghargaan. Paling tidak penghargaan itu bisa mengganti waktu, keringat dan materi yang telah mereka keluarkan.

“Saya rasa para relawan tidak berpikir akan mendapatkan imbal balik karena mereka tulus ikhlas membantu korban bencana. Namun pemerintah perlu memberi perhatian. Paling tidak bisa meringankan kebutuhan pokok mereka. Bisa juga sebagai tanda terima kasih,” kata Senator asal Jawa Timur itu.

LaNyalla menyebut pemerintah daerah bisa mencontoh langkah Pemerintah Kota Batu, melalui Dinas Sosial. Mereka memberikan program bantuan sembako bagi relawan penggali kubur, yang sudah menjadi pahlawan selama pandemi dua tahun terakhir.

“Besar kecilnya bantuan jangan jadi ukuran. Namun lihatlah hal itu sebagai sebuah perhatian,” ucapnya.(Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.