Jumat, 28 Februari 20

Langkah Nyata Pertamina Berjaya di PROPER 2019

Langkah Nyata Pertamina Berjaya di PROPER 2019
* Pertamina meraih penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Emas dan Hijau periode 2018-2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. (Foto-foto: Sutanto/Men’s Obsession dan Humas Pertamina)  

Sebagai lokomotif perekonomian bangsa, PT Pertamina (Persero) memiliki komitmen yang tinggi terhadap pemenuhan tanggung jawab sosial di sekitar wilayah operasinya. Perusahaan energi nasional berkelas dunia ini juga berkomitmen untuk senantiasa memprioritaskan keseimbangan dan kelestarian alam, lingkungan, serta masyarakat.

Apa yang dilakukan Pertamina berbuah manis dengan mematri banyak prestasi di ajang bergengsi. Seperti belum lama ini perusahaan yang dinakhodai oleh Nicke Widyawati tersebut meraih penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Emas dan Hijau periode 2018-2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Hebatnya lagi, dari 26 perusahaan, Kelompok Group Pertamina menyabet PROPER Emas paling banyak, yakni 13. Sementara, PROPER Hijau sebanyak 76. Ini merupakan bukti nyata kontribusi energi unggul Pertamina dalam pencapaian Sustainable Development Goals dunia.

Keberhasilan tersebut tentu tak semudah membalik telapak tangan. Diperlukan upaya yang sungguh-sungguh, konsistensi, komitmen, kerja keras, dan inovasi untuk mencapainya. Karena penilaian Proper adalah menilai secara menyeluruh mulai dari system pengelolaan lingkungan, konservasi sumber daya berupa efisiensi energy, air, limbah B3 dan non B4 atau sampah, serta program pemberdayan masyarakat yang mandiri (CSR).

Kepada Men’s Obsession Senior Vice President (SVP) Corporate HSSE Pertamina Lelin Eprianto menguntai upaya apa saja yang dilakoni Pertamina sehingga pencapaian PROPER dari tahun ke tahun terus meningkat.

Pada kategori beyond compliance dalam pengelolaan lingkungan, yaitu kategori PROPER Emas dan Hijau Tahun 2019 menunjukkan bahwa Pertamina dan Anak Perusahaan masih mendominasi, yakni sebesar 45 persen atau 89 lokasi PROPER Emas dan Hijau dari total 200 lokasi yang mendapatkan PROPER Emas dan Hijau secara Nasional, di mana PROPER Emas sebanyak 50 persen atau 13 lokasi dari 26 PROPER Emas Nasional. Sementara PROPER Hijau sebanyak 44 persen atau 76 lokasi dari 174 PROPER Hijau Nasional.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.