Rabu, 20 Oktober 21

Langganan Banjir, Satpol PP Subang Siagakan Pasukan

Langganan Banjir, Satpol  PP Subang Siagakan Pasukan

SUBANG, Obsessionnews.com – Menghadapi situasi siaga bencana, seperti banjir, tanah longsor dan angin ribut, Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Subang, Jawa Barat, melakukan penyebaran personil sampai tingkat RT di seluruh Subang.

Apalagi, tahun lalu, jalur pantura di wilayah Subang, terendam air, selama beberapa hari akibat diguyur hujan deras.

Plotting yang dilakukan ialah 100 personil di kabupaten, 30 personil di kecamatan, 10 personil tingkat desa/kelurahan dan 1 personil tingkat RT.

Menurut Kasat Pol PP Kab Subang, Drs. Asep Setia Permana, M.Si, sesuai dengan peraturan yang ada diantaranya tentang Penyelenggaraan Personil Linmas yang salah satu fungsinya ialah penanganan kebencanaan.

“Mereka akan kita siapkan untuk penanganan kebencanaan,” ujar Asep kepada ObsessionNews.com, Selasa (3/2/2015) di kantornya.

Selanjutnya menurut Asep untuk tahun 2015 sekarang ada perubahan lokasi rawan bencana. Ada lokasi yang sebelumnya bukan lokasi rawan bencana tetapi terjadi bencana besar. Seperti yang terjadi di Cigadung Subang Kota. “Sedangkan kita fokus di 15 kecamatan di Pantura,” tambahnya.

Pemberdayaan ini dilakukan dengan adanya pengalihan personil Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang sebelumnya Pertahanan Sipil (Hansip) dari Kesbang Linmas ke Satpol PP. Selanjutnya kata Asep hingga kini diperkirakan jumlah lebih dari 10 ribu personil. (Teddy Widara)

Related posts