Senin, 18 November 19

Lamajang, Desa Wisata Penuh dengan Kearifan Lokal

Lamajang, Desa Wisata Penuh dengan Kearifan Lokal
* Desa wisata Lamajang yang terletak di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. (Foto: lemburpangharepan.wordpress.com)

Jakarta, Obsessionnews.comKementerian Pariwisata (Kemenpar) sedang menggenjot tempat-tempat wisata yang potensi kearifan lokalnya bisa dijual atau diperkenalkan kepada wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Hal tersebut dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan perekonomian daerah tersebut.

Desa wisata Lamajang misalnya, desa ini merupakan desa wisata budaya yang sudah banyak memiliki potensi kearifan lokal yang dapat di eksplor menjadi tempat-tempat wisata. Di sini ada kampung budaya, hajat kaya sedekah bumi, dan lain sebagainya. Kearifan lokal seperti ini jangan sampai hilang.

Sayangnya warga desa belum sepenuhnya mengetahui bahwa potensi kearifan lokal itu bisa dijual atau diperkenalkan kepada wisatawan. Untuk itu, Kemenpar menggelar program pelatihan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat dan pendampingan desa wisata di Desa Lamajang.

Pelatihan tersebut, seperti bagaimana melayani tamu yang baik di homestay, penyuguhan makan minum, layanan kamar sesuai dengan kearifan lokal yang ada.oleh sebab itu, Kepala desa diharapkan dapat mengajak perangkat desa serta masyarakat bersama-sama memajukan desa wisata tersebut.

Desa wisata yang terletak di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat ini mempunyai luas wilayah seluas 2.369,496 Ha. Terbagi menjadi 5 Dusun, 23 RW dan 92 RT.

Desa Lamajang, berpenduduk sekitar 10.153 Jiwa, terdiri dari Laki-laki 5.103 Jiwa, Perempuan  5.050 Jiwa, dengan jumlah Kepala Keluarga 3.316 KK. Sebagian besar masyarakat Desa Lamajang berpropesi sebagai petani, hal tersebut didukung dengan luasnya areal pertanian baik sawah maupun lahan kebun dan tentu saja kesemuanya dengan tersedianya pengairan yang memadai baik dari sungai ( 7 sungai yang ada ) ataupun dari air pembuangan Kolam Tando PLTA Cikalong. Sebagian lagi masyarakat Desa Lamajang berprofesi sebagai buruh, pegawai swasta, PNS, pedagang dll. yang kesemuanya mendukung kestabilan kehidupan di masyarakat dan menahan angka pengangguran.

Selain itu, Desa Lamajang juga memiliki potensi wisata yang baik, yakni Situs Rumah Adat Cikondang, Situs Batu Eon, Arung Jeram Sungai Cisangkuy, Curug Ceret, Curug Cimalawindu, Makam Embah Dalem Lamajang, Bumi Perkemahan Gunung Tilu, Pertanian, Perikanan, Peternakan, Kerajinan, Kuliner,  Pasar Minggu, Seni Budaya, Hoomstay, Villa dan Penginapan, dan Bale-bale Desa Wisata.

Dengan potensi-potensi wisata ini, warga Desa Lamajang tentu saja memanfaatkannya untuk kesejahteraan masyarakat setempat. Maka, masyarakat di Desa Lamajang juga ikut terlibat dalam mengelola pariwisata di desanya. Adapun fasilitas dan akomodasi yang tersedia di Desa Wisata Lamajang ini antara lain:

Fasilitas dan Akomodasi

  1. Menginap di Hoom Stay
  2. Menginap di Villa
  3. Sewa Arena Out Bond
  4. Sewa Soun System
  5. Tour Guide Lokal
  6. Sewa Aula

 Paket Atraksi Wisata

  1. Kunjungan Obyek Pertanian / Perkebunan
  2. Atraksi Bajak Sawah / Tanam Padi
  3. Atraksi dibuwat ( Panen Padi )
  4. Tracking, haiking, peutualangan
  5. Out bond
  6. Atraksi peternakan

Atraksi Seni dan Budaya

  1. Penyambutan / Upacara Adat
  2. Seni Jaipongan
  3. Belajar Gamelan
  4. Belajar Tari
  5. Paket Atraksi Kuliner
  6. Atraksi Ronda Malam

Dalam melestarikan alam dan lingkungan masyarakat Desa Lamajang, Kampung Cikondang sangat mencintai lingkungannya, hal tersebut dibuktikan dengan adanya pelestarian hutan disekitar Desa Lamajang, hal ini bermanfaat sebagai pelestarian sumber mata air. Dimana dalam keadaan apapun masyarakat Desa Lamajang tetap melaksanakan usaha pertaniannya dikarenakan tidak pernah kekurangan air. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.