Rabu, 18 September 19

Lama Bercokol di Papua, Siapa Freeport-McMoRan?

Lama Bercokol di Papua, Siapa Freeport-McMoRan?
* Kantor Freeport-McMoRan. (Foto istimewa)

Jakarta, Obsessionnews.com – Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan akuisisi 51% saham PT Freeport Indonesia (PTFI). Terlepas dari polemik yang ada di luar, yang pasti bisa menguasai 51% saham Freeport patut diapresiasi karena sebelumnya negosiasi pemerintah dengan PTFI selalu berakhir dengan jalan buntu.

PTFI merupakan salah satu tambang emas yang terbesar di dunia. Perusahaan yang beroperasi di daerah dataran tinggi di kabupaten Timika, provinsi Papua, Indonesia itu memasarkan konsentrat yang mengandung tembaga, emas dan perak ke seluruh penjuru dunia.

PTFI sendiri merupakan perusahaan afiliasi dari perusahaan asal Amerika Serikat (AS) Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. Jika PTFI saja merupakan salah satu tambang terbesar di dunia, maka bisa dibayangkan seperti apakah raksasa Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc yang menjadi induk PTFI.

Berikut penjelasan singkat mengenai Freeport-McMoRan Inc.

Freeport-McMoRan Inc. adalah perusahaan pertambangan internasional terkemuka dengan kantor pusat di Phoenix, Arizona, AS. FCX mengoperasikan aset besar, berumur panjang, beragam secara geografis dengan cadangan tembaga, emas, dan molibdenum yang signifikan.

Adapun FCX merupakan produsen tembaga terbesar yang diperdagangkan secara publik di dunia. Portofolio aset FCX meliputi distrik mineral Grasberg di Indonesia, salah satu deposit tembaga dan emas terbesar di dunia, dan operasi pertambangan yang signifikan di Amerika Utara dan Selatan, termasuk distrik mineral Morenci skala besar di Arizona dan operasi Cerro Verde di Peru.

FCX adalah anggota pendiri Dewan Internasional untuk Penambangan dan Logam (ICMM). Implementasi Kerangka Kerja Pembangunan Berkelanjutan ICMM di seluruh perusahaan menghasilkan program keberlanjutan tingkat situs yang memenuhi tujuan sumber pengadaan yang bertanggung jawab untuk pasar global.

Saham FCX diperdagangkan di Bursa Efek New York di bawah simbol ticker “FCX”, seperti dikutip dari situs remi perusahaan.

Sekilas Sejarah Freeport-McMoRan Inc.

FCX didirikan pada tahun 1988 setelah penemuan deposit tembaga dan emas Grasberg di Papua, Indonesia, ketika mantan perusahaan induk FCX, yang saat itu dikenal oleh simbol perdagangan New York Stock Exchange “FTX”, terjual 20% dari perusahaan dalam penawaran umum perdana, atau IPO.

Menyusul akuisisi Phelps Dodge pada 2007, FCX berubah menjadi pemimpin industri yang dinamis, dan menggabungkan aset dan tim teknis dari dua perusahaan besar.

Portofolio unik aset pertambangan FCX dikembangkan dan diakuisisi oleh beberapa perusahaan pendahulu, termasuk Freeport Minerals, Phelps Dodge, Cyprus Minerals, American Metal Company (AMAX), dan Climax Molybdenum. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.