Rabu, 24 April 24

Lalai, Panitia Haji Kena Semprit

Lalai, Panitia Haji Kena Semprit
* Bekerja melayani jemaah haji tak bisa bisa asal-asalan, karena pengawasan kinerjanya berlapis-lapis. (Foto: Kemenag)

Makkah, Obsessionnews.com – Melayani jemaah haji tak bisa bisa dilakukan asal-asalan. Pasalnya, pengawasan kinerjanya berlapis-lapis. Dari eksternal maupun internal. Lalai sedikit Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) bisa kena semprit.

Dari eksternal, ada Tim Pengawas Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Komisi Pemberantaa Korupsi (KPK), Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI), surveiyor Badan Pusat Statistik (BPS), belasan jurnalis Media Center Haji (MCH) dan lebih 200 ribuan jemaah itu sendiri.

Tiap jemaah bisa komplain lewat call center dan nomor whats app, yang tertera di tiap kotak makanan, dinding lobi hotel, dan macam-macam tempat terbuka. Tiap tahun, BPS meneebar kuesioner untuk memotret indeks kepuasan jemaah. Itu belum termasuk pengawasan malaikat Raqib dan ‘Atid.

Dari internal, ada pengawasan Inspektorat Jenderal (Itjen) dan Badan Litbang (Balitbang) Kementerian Agama (Kemenag). Menerjunkan lima peneliti, membidik 800 sampel jemaah, Balitbang khusus menyorot efektivitas kinerja bimbingan manasik haji.

 

Baca juga:

Petugas Haji Dilarang Tanazul

201 Jemaah Haji Indonesia Wafat di Tanah Suci

Jemaah Haji Dapat Manfaatkan Kargo untuk Kirim Oleh-oleh

Jemaah Haji Terkejut Masih Dapat Layanan Katering Jelang Terbang ke Indonesia

Mantap! Jemaah Puji Pelayanan Haji Tahun Ini

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.