Kamis, 6 Oktober 22

Lakukanlah 8 Amalan Ini yang Mengundang Datangnya Rezeki

Lakukanlah 8 Amalan Ini yang Mengundang Datangnya Rezeki
* A. Hamid Husain. (Foto: dok. pribadi)

Oleh: A. Hamid Husain, Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School

Semua mendambakan harta yang banyak, rezeki yang melimpah. Namun terkadang, sudah berusaha keras, bekerja banting tulang, tapi rezeki masih juga seret.

TRUE STORIES:

Lakukanlah 8 amalan di bawah ini yang mengundang datangnya rezeki yang melimpah dan terkadang tidak diduga-duga sebelumnya:

1. Mengawali aktivitas setiap hari dengan membaca doa dari Rasulullah ﷺ ini:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allaahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon thoyyibaan wa ‘amalan mutaqobbalaa.

“Yaa Allah, aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amalan yang diterima,” (Hadits Sahih oleh Ibnu Majah no. 925).

2. Takwa dan tawakal hanya kepada Allah. Allah SWT berfirman:

ومن يتق الله يجعل له مخرجا. ويرزقه من حيث لا يحتسب. ومن يتوكل على الله فهو حسبه. ان الله بالغ امره. قد جعل الله لكل شئ قدرا. (الطلاق ٦٥ الاية ٢-٣)

“Siapa yang bertaqwa pada Allah SWT, nicaya Allah akan Memberikan untuknya jalan keluar dari kesulitan, dan Menganugerahkan rezeki kepadanya dari jalan yang tidak dia duga-duga. Dan siapa yang bertawakkal berserah diri kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan semua kebutuhannya. Sungguh, Allah Melakukan apa-apa yang Ia Kehendaki. Sungguh, Allah telah Menetapkan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu,” (QS. Al-Thalaaq [65]: 2-3, halaman 558).

3. Memperbanyak Istighfar dan Taubat. Allah SWT berfirman:

فقلت استغفروا ربكم انه كان غفارا. يرسل السماء عليكم مدرارا . ويمددكم باموال وبنين ويجعل لكم جنت ويجعل لكم انهارا. ما لكم لا ترجون لله وقارا.(سورة نوح ٧١ الاية ١٠ – ١٣)

“Mohon ampunlah kepada Tuhanmu, sungguh, Dia adalah Tuhan Yang Maha Pengampun. Dia Yang akan Mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. Dan Membanyakkan harta dan anak-anak, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan pula untukmu sungai-sungai. Kenapa kamu tidak tunduk dan penuh harap pada kebesaran Allah?” (QS. Nuh [71]: 10-13, halaman 571).

4. Rutin Shalat Dhuha. Rasulullah ﷺ bersabda, yang artinya:

“Wahai Manusia, tunaikanlah kewajibanmu untuk-Ku, yaitu Sholat Dhuha empat rakaat pada pagi hari, niscaya Aku akan mencukupi segala kebutuhanmu sepanjang harimu,” (Hadits Sahih oleh Al-Imam Ahmad dan Abu Ya’la).

5. Rajin bersedekah. Allah SWT berfirman:

مثل الذين ينفقون اموالهم فى سبيل الله كمثل حبة انبتت سبع سنابل فى كل سنبلة مائة حبة. والله يضاعف لمن يشاء والله واسع عليم. (البقرة ٢ الاية ٢٦١ )

“Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya karena Allah adalah seperti menanam sebutir benih yang menumbuhkan tujuh cabang, dan pada tiap-tiap cabang terdapat seratus biji. Allah melipatgandakan ganjaran bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas karunia-Nya lagi Maha Mengetahui,” (QS. Al-Baqarah [2]: 261, halaman 44).

6. Bakti kepada kedua orangtua. Rasulullah ﷺ bersabda, yang artinya:

“Siapa yang berbakti kepada orangtuanya, dia akan memperoleh keberuntungan yang besar dan Allah akan menambah umurnya,” (Hadits Sahih oleh Al-Imam Ahmad dan Abu Ya’la).

7. Rajin bersilaturrahim. Rasulullah ﷺ bersabda, yang artinya:

“Siapa yang ingin diperbanyak rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia rajin ber Silatur Rahim,” (Hadits Sahih oleh Al-Imam Al-Bukhari).

8. Selalu bersyukur. Allah SWT berfirman:

واذ تاذن ربكم لئن شكرتم لازيدنكم ولئن كفرتم ان عذابى لشديد. (ابراهيم ١٤ الاية ٧)

“Dan ingatlah, tatkala Tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur, maka Aku pasti tambah (kenikmatan) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih,” (QS. Ibrahim [14]: 7, halaman 256).

POINTERS:

1. Yakinlah bahwa Allah SWT adalah Tuhan satu-satunya Yang Maha Penyayang dan Maha Pemurah lagi Maha Pemberi Rezeki.

2. Hidup ini tidak cukup hanya bekerja keras, tapi harus dengan DOA dan Ibadah.

3. Konsisten, istiqamah mengamalkan kedelapan amalan tersebut di atas, dan yakinlah bahwa rezeki melimpah mengalir deras akan diperoleh.

Semoga Allah SWT senantiasa menganugerahkan kita kesehatan, keberkahan, dan ampunan-Nya. Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

Sumber: muslimobsession.com

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.