Kamis, 25 April 24

Lahirkan Generasi Akademisi, Eddy Soeryanto Soegoto Dapat Penghargaan Best University Leaders di Ajang Obsession Awards 2023

Lahirkan Generasi Akademisi, Eddy Soeryanto Soegoto Dapat Penghargaan Best University Leaders di Ajang Obsession Awards 2023
* Rektor Universitas Komputer Eddy Soeryanto Soegoto terima penghargaan Best University Leaders di ajang Obsession Awards 2023. (Foto: Tanto/OMG)

Obsessionnews.com – Dalam rangkaian Hari Ulang Tahun ke-19, Obsession Media Group  (OMG) kembali menggelar acara Obsession Awards di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, pada Rabu (8/3/2023).

Di acara Obsession Awards 2023 ini, OMG memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh, seorang pengusaha, dan perusahaan. Salah satunya, Eddy Soeryanto Soegoto, seorang akademisi yang mendapat penghargaan Obsession Awards 2023 dalam kategori Best University Leaders.

Sosok Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, MT yang akrab disapa Prof Eddy merupakan pendiri sekaligus Rektor Universitas Komputer Indonesia yang juga dikenal sebagai salah seorang enterpreneur Indonesia sukses. Perjalanan panjang membangun kampus ini ia lewati sejak tahun 2000 pada masa awal berdiri, hingga kini diakui menjadi universitas berkelas internasional. UNIKOM memiliki 7 fakultas, 28 jurusan, 360 dosen, 217 karyawan, dan 10.000 mahasiswa.

Prof Eddy berprinsip turut mendukung pemerintah negara Indonesia melahirkan generasi akademisi sebagai generasi penerus bangsa. Ia menyiapkan lulusan kampus ini untuk menjadi sosok yang kompeten dan berkontribusi bagi masyarakat. Salah satu caranya, menjadikan kewirausahaan sebagai mata kuliah wajib di tiap fakultas.

UNIKOM sendiri telah mencatatkan beragam prestasi membanggakan. Tidak hanya bagi kampus, tetapi juga Indonesia. Di level internasional, meraih juara dunia ICT World Skills Competition, sembilan tahun berturut-turut menjadi juara dunia kontes robot internasional, juga ASEAN-India Hackathon, Innoserve 2022. Perguruan tinggi ini juga tercatat dalam 50 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia dari UniRank. Termasuk Top 100 University of South East Asia (ASEAN) berdasarkan peringkat ranking Dunia Webometrics.

Eddy mengatakan, UNIKOM masuk peringkat dunia, 4 ICU. Bahkan, Scimago Institutions Rankings (SIR) menempatkan Unikom di urutan ke-51 Universitas di Indonesia terbaik di tingkat dunia tahun 2022 versi SIR universitas dan urutan ke-9 dari 400 lebih Perguruan Tinggi di Jawa Barat. Atas prestasi itulah, wajar jika UNIKOM mulai banyak dilirik oleh perusahaan untuk diajak bekerja sama.

“Merupakan kebanggaan bagi Segenap Sivitas Akademika atas masuknya UNIKOM sebagai World Class University 2022 (Rank 808). Hanya sembilan PT Terbaik dari Jawa Barat dari 51 PT dari Indonesia yang masuk WCU 2022. Tentu Unikom akan terus menaikkan peringkat di WCU dengan membangun kreasi, inovasi, dan prestasi baru,” ungkap Eddy dikutip dari majalah Men’s Obsession edisi Obsession Awards 2023, Rabu (15/3/2023).

UNIKOM juga kerap mengadakan seminar dan konferensi internasional yang dihelat di kampus. Sejak tahun lalu, UNIKOM siap menerima tantangan baru dalam menghasilkan lulusan-lulusan doktor pada bidang ilmu manajemen. Pembukaan Prodi baru untuk S3 tersebut tidak lain sebagai respon UNIKOM dalam meningkatkan kualitas akademik sebagai World Class University. Sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat akan pendidikan berkualitas di Kota Bandung, khususnya dan di Indonesia secara umumnya. Adapun sistem perkuliahan doktor UNIKOM akan dilakukan secara Hybrid Learning.

Di kesehariannya, Prof Eddy juga aktif membagikan ilmu lewat tulisannya di jurnal maupun menulis buku-buku tentang entrepreneurship, salah satunya ‘Menjadi Pebisnis Ulung’.

“Indonesia masih harus meningkatkan kemampuan di bidang teknologi dan inovasi guna mengembangkan entrepreneurship. Jadi, perlu kerja keras dan sinergi yang lebih baik lagi antara Pemerintah, Perguruan Tinggi dan Industri untuk meningkatkan peringkat kita. Sehingga, akan lebih banyak menghasilkan banyak entrepreneur baru yang bisa menggerakkan roda ekonomi kita,” pungkasnya.

Atas dasar capaian tersebut, OMG memberikan Rektor Universitas Komputer Eddy Soeryanto Soegoto penghargaan Best University Leaders di ajang Obsession Awards 2023.

Seperti diketahui, bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-19, Obsession Media Group  (OMG) kembali menggelar perhelatan ‘Obsession Awards’. Tradisi pemberian penghargaan yang telah dilakukan sejak 19 tahun lalu ini sempat terhenti karena Pandemi Covid 19.

Sejumlah tokoh pernah menerima anugerah ‘Obsession Awards’ antara lain Joko Widodo (ketika menjabat Gubernur DKI), KH Ma’ruf Amin (ketika menjabat Ketua MUI), Surya Paloh, Anies Baswedan (ketika menjabat Gubernur DKI Jakarta), Jahja Setiaatmadja (Dirut BCA) dan sejumlah nama tokoh lainnya. Selain tokoh, Obsession Awards juga memberikan penghargaan kepada perusahaan.

Kini di 2023 Obsession Awards kembali digelar dalam rangka 19 Tahun Obsession Media Group yang tahun ini dilaksanakan di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, pada Rabu (8/3).

Terkait para penerima awards tentunya adalah nominator yang telah diseleksi secara ketat dan teliti berdasarkan prestasi dan rekam jejak yang ada.

Mereka adalah figur-figur dan badan usaha dengan segudang prestasi. Dengan begitu, event ini akan menebarkan inspirasi serta semangat untuk berprestasi bagi bangsa dan negara. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.