Jumat, 27 Mei 22

KY Verifikasi Laporan Terhadap Hakim Jessica

KY Verifikasi Laporan Terhadap Hakim Jessica
* Jessica Kumala Wongso. (Foto: Edwin/Obsessionnews.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Komisi Yudisial (KY) siap melakukan pemeriksaan terhadap majelis hakim yang menangani perkara pembunuhan Mirna Salihin. Majelis hakim ini dilaporkan pihak terdakwa Jessica Kumala Wongso karena diduga melanggar kode etik.

“Pada dasarnya kami KY menerima semua laporan atau pengaduan dari masyarakat. Nanti kami akan lakukan pemeriksaan secara proporsional,” ujar Ketua KY Aidul Fitriciada Azhari usai bertemu Presiden Jokowi di Istana, Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Pemeriksaan ini untuk menemukan bukti terkait dengan dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan majelis hakim. Lamanya pemeriksaan membutuhkan waktu kurang lebih 60 hari. Setelah itu, baru komisi membuat keputusan untuk direkomendasikan ke Mahkamah Agung.

“Tentu saja apabila terbukti kami akan jatuhkan sanksi sesuai peraturan. Dan kalau misalnya tidak terbukti kami juga akan sampaikan akan putuskan bahwa memang tidak terbukti,” katanya.

Jika terbukti sanksi yang dijatuhkan bakal beragam tergantung kadar kesalahan. Sesuai Peraturan Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial Nomor 2 Tahun 2009 menyebutkan sanksi ringan berupa teguran, sedangkan sanksi berat berupa pemecatan secara tidak hormat. Sanksi berat dijatuhkan biasanya untuk kasus perselingkuhan, narkoba dan penyuapan.

“Tapi kalau tidak bersikap independen ya kita lihat kesalahannya sampai sejauh mana, bisa berat atau ringan. Dan itupun ada klasifikasinya. ada lagi barangkali menyampaikan cukup,” jelas Aidul. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.