Sabtu, 4 Februari 23

KY Tak akan Awasi Suksesi Wakil Ketua MA

KY Tak akan Awasi Suksesi Wakil Ketua MA
* Aidul Fitriciada Azhari.

Jakarta, Obsessionnews – Komisi Yudisial (KY) menolak mengawasi suksesi Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) karena dianggap menjadi kewenangan pengawasan hakim seperti yang dilakukan selama ini. Ketua KY Aidul Fitriciada Azhari menegaskan suksesi tersebut hanya merupakan masalah internal.

“Saya tidak dalam kapasitas menjawab kewenangan MA (Mahkamah Agung),” ujar Azhari usai bertemu Presiden Jokowi di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (4/3/2016).

Azhari menuturkan KY dalam hal ini hanya akan fokus pada proses seleksi Hakim Agung MA. Dimana saat ini tengah dalam tahapan pendaftaran. “Dalam hal ini lebih kepada seleksi Hakim Agung-nya,” katanya.

Sebelumnya Hakim Agung Prof Dr Gayus Lumbuun meminta KPK memantau suksesi Wakil Ketua MA bidang Yudisial yang akan digelar dalam waktu dekat. Selain itu, beberapa pimpinan MA juga telah habis masa jabatannya dan akan dipilih penggantinya.

Wakil Ketua MA yang dimaksud adalah hakim agung M Saleh yang akan pensiun pada 23 April 2016 karena memasuki usia 70 tahun. Sebanyak 53 hakim agung akan menggunakan hak pilihnya guna memilih pengganti M Saleh yang akan dipilih di antara mereka.

“Terkait dengan masa pensiun Wakil Ketua MA bidang Yudisial tersebut, di kalangan MA RI telah mulai terdengar suara-suara yang akan ‘bertanding’ untuk ikut serta di dalam pemilihan untuk menjadi penjabat teras MA RI,” ujar Gayus.

Proses suksesi menurut Gayus harus dijadikan momentum untuk perbaikan sebagai bentuk penataan lembaga negara MA di tingkat pimpinan dalam mengatasi berbagai penyimpangan yang banyak terjadi yang meresahkan masyarakat. Gayus mengusulkan pemilihan pimpinan teras itu harus dilakukan dengan transparan. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.