Rabu, 1 Mei 24

KY Buka Pendaftaran Calon Hakim Ad Hoc HAM di MA

KY Buka Pendaftaran Calon Hakim Ad Hoc HAM di MA
* Wakil Ketua Komisi Yudisial Siti Nurdjanah saat membuka diskusi publik "Rekonstruksi Penguatan Pengadilan HAM melalui Pengisian Jabatan Hakim Ad Hoc HAM di MA" di Jakarta, Selasa (6/2/2024). (Foto: ANTARA/Agatha Olivia Victoria)

Obsessionnews.com – Komisi Yudisial (KY) telah membuka pendaftaran untuk calon hakim ad hoc hak asasi manusia (HAM) di Mahkamah Agung (MA) tahun 2024 mulai 30 Januari hingga 22 Februari.

Wakil Ketua KY Siti Nurdjanah, menyampaikan ajakan kepada calon potensial untuk memberikan kontribusi dengan mendaftar seleksi ini agar pelanggaran HAM di Indonesia bisa segera diselesaikan. Hal ini disampaikannya saat membuka diskusi publik “Rekonstruksi Penguatan Pengadilan HAM melalui Pengisian Jabatan Hakim Ad Hoc HAM di MA” di Jakarta.

Nurdjanah menjelaskan persyaratan bagi calon hakim ad hoc HAM di MA, antara lain berusia paling rendah 50 tahun dengan latar belakang pendidikan minimal strata satu atau lulus S1 sarjana hukum atau bidang hukum lainnya.

“Selain itu, calon juga harus menandatangani surat pernyataan tidak akan menjadi pengurus dan anggota partai politik jika terpilih menjadi hakim di MA,” ujar Siti dikutip dari Antara, Selasa (6/2/2024).

Nurdjanah menambahkan, selain bersikap jujur, adil, dan berkelakuan baik, calon hakim ad hoc HAM di MA juga harus memiliki pengetahuan dan kepedulian di bidang HAM.

Proses seleksi calon hakim ad hoc HAM akan melalui serangkaian tahapan, yaitu seleksi administrasi, seleksi kualitas, seleksi kesehatan dan kepribadian, serta wawancara terbuka oleh tujuh anggota KY dan dua pakar. Calon yang lolos akan diajukan kepada DPR untuk mendapatkan persetujuan.

Selain itu, KY juga membuka pendaftaran untuk 10 calon hakim agung di MA, terdiri atas dua hakim agung kamar perdata, tiga hakim agung kamar pidana, satu hakim agung kamar agama, satu hakim agung kamar tata usaha negara (TUN), serta tiga hakim agung kamar TUN khusus pajak.

Pendaftaran calon hakim ad hoc HAM dan calon hakim agung di MA dapat dilakukan secara daring melalui laman resmi www.rekrutmen.komisiyudisial.go.id. (Antara/Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.