Jumat, 2 Desember 22

Kurun Waktu 2,5 Tahun Pesanan Hotel Wisman Sentuh Titik Tertinggi

Kurun Waktu 2,5 Tahun Pesanan Hotel Wisman Sentuh Titik Tertinggi
* Ilustrasi Perhotelan Indonesia. (Foto: Tanto/obsessionnews)

Obsessionnews.com – Berdasarkan data dari SiteMinder, platform perdagangan (commerce) hotel terbuka terkemuka di dunia, hotel-hotel di Indonesia saat ini tengah menikmati membanjirnya reservasi dari tamu internasional sejak Februari 2020.

Menurut World Hotel Index, indikator terkemuka dunia untuk tren reservasi hotel dan kedatangan tamu milik SiteMinder, hingga Juli 2022 sedikitnya 45 persen reservasi yang masuk ke hotel-hotel partner SiteMinder dilakukan oleh wisatawan mancanegara (Wisman). Hal ini sebuah tren yang semakin meningkat sejak Februari 2022 usai dilonggarkannya peraturan bagi pelaku perjalanan luar negeri.

Dibandingkan dengan era sebelum pandemi, jumlah pemesanan di hotel-hotel partner SiteMinder di Indonesia saat ini berada di level 94 persen dalam perhitungan masa normal 2019, naik dari sebelumnya yang hanya tujuh persen pada April 2020.

Mengomentari preseden baik atas pulihnya pasar tersebut, Regional Vice President Asia Pacific SiteMinder Bradley Haines mengatakan, tingginya tingkat ketergantungan terhadap pelaku perjalanan internasional, sektor perhotelan di Indonesia tentu merasakan dampak atas dibatasinya pergerakan global dalam beberapa tahun terakhir ini.

“Namun, ciri dari masa pandemi ini yang diperlihatkan oleh data yang kami pegang adalah betapa cepatnya segala sesuatu dapat berubah,” ujar Bradley dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/7/2022).

Dia menambahkan, dengan ribuan operator hotel besar dan kecil di Indonesia yang memiliki kontribusi signifikan terhadap perekonomian negara, namun tidak memiliki akses ke teknologi yang disediakan, ada peluang luar biasa yang menanti setiap penyedia akomodasi di Indonesia saat ini dengan dibukanya perjalanan internasional.

“Sebagai platform perdagangan (commerce) hotel terbuka terkemuka di dunia, kami percaya teknologi tidak semata digunakan untuk membantu bisnis-bisnis di Indonesia untuk tetap bertahan namun juga agar berkembang saat negara ini kembali menyambut dunia nanti. Platform kami menyediakan satu tempat bagi operator hotel untuk menjual, memasarkan, mengelola, dan mengembangkan bisnis mereka,” tutur Bradley.

Untuk itu,SiteMinder menawarkan jalur yang fleksibel bagi para pelaku bisnis perhotelan untuk memulai, meningkatkan atau memperluas skala bisnisnya melalui teknologi distribusi dan pemasaran yang telah meraih banyak penghargaan serta memiliki dukungan layanan nonstop 24 jam setiap hari, serta ekosistem terbesar sekaligus terbaik di kelasnya dalam hal integrasi teknologi, aplikasi, dan mitra.

SiteMinder, yang baru saja meluncurkan platform generasi terbaru guna mendukung industri perhotelan lebih baik, telah secara luas bekerja dengan pelaku bisnis di Indonesia dalam waktu yang cukup lama dengan menyediakan sebuah perspektif yang unik mengenai lanskap industri lokal.

Sementara itu, Reza Rizky, E-Commerce and Digital Marketing Manager di Citradream Hotels by Ciputra dengan properti di Cirebon, Semarang, Bandung, Yogyakarta, dan Bintaro telah merasakan manfaat penggunaan SiteMinder.

“Saya bangga menjadi klien pertama SiteMinder di Indonesia dan telah bekerja sama lebih dari satu dekade. Dalam periode tersebut, SiteMinder telah menjadi partner teknologi yang stabil, apapun kondisinya, sehingga saya sangat terbantu dalam menjalankan pekerjaan saya,” ujar Reza.

Hal yang paling disukai dari teknologi mereka adalah user experience yang sangat mudah dimengerti. Mereka juga memiliki sebuah tim lokal yang merupakan nilai tambah tersendiri.

Untuk merayakan kembalinya pelaku perjalanan internasional ke Indonesia dan untuk mendiskusikan implikasinya terhadap penyedia akomodasi lokal, SiteMinder akan menggelar acara roundtable pada 29 Juli 2022 di Trans Resort Bali dengan menampilkan sebuah panel yang terdiri atas sejumlah general manager dari industri perhotelan lokal. (Ita)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.