Jumat, 7 Agustus 20

KUR BRI Sukses Kembangkan UMKM

KUR BRI Sukses Kembangkan UMKM

Jakarta, Obsessionnews.com – Berbagai terobosan dilakukan oleh pemerintah untuk mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Salah satu upaya tersebut adalah pemberian pinjaman dana kepada pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR diselenggarakan oleh bank-bank milik pemerintah, dan salah satu di antaranya adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Berkat sosialisasi yang begitu gencar para pelaku UMKM di seluruh pelosok tanah air mengenal KUR. KUR sukses mengembangkan UMKM. Terbukti banyak usaha yang dibiayai KUR mengalami kemajuan yang pesat.

Sepanjang 2016 BRI telah mengucurkan dana KUR sebesar 69,4 triliun 3,9 juta untuk debitur. Jumlah tersebut sekitar 91,1% dari total penyaluran KUR nasional.

Direktur Utama BRI Asmawi Syam mengatakan, dari penyaluran KUR tersebut mayoritas diserap oleh sektor perdagangan dan pertanian.

“Penyaluran kredit merupakan wujud komitmen Bank BRI untuk memberdayakan UMKM yang merupakan sektor strategis penggerak ekonomi domestik,” ujar Asmawi, Rabu (18/1/2017).

Menurut Asmawi, BRI mampu mempertahankan komposisi penyaluran kredit kepada segmen UMKM lebih dari 70% dari total kredit. Ini sekaligus membuktikan komitmen dan konsistensi BRI untuk menggarap sektor UMKM.

Selain menjadi pencetak pengusaha UMKM, BRI juga berkomitmen mendukung sektor usaha mikro dan menengah untuk tumbuh dan naik kelas melalui langkah digitalisasi.

Beberapa inovasi yang telah dilakukan untuk membuat UMKM Go Digital di antaranya melalui platform e-Pasar BRI. Hal ini untuk memperluas akses pedagang pasar tradisional, untuk berkolaborasi dengan pelaku start-up dan membentuk ekosistem digital.

Selain itu, BRI juga bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika membagikan 1 juta domain gratis bagi nasabah UMKM. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.