Jumat, 7 Agustus 20

KUR BRI Paling Banyak Diminati Masyarakat

KUR BRI Paling Banyak Diminati Masyarakat
* KUR BRI.

Jakarta, Obsessionnews.com – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menjadi salah satu bank BUMN yang ditunjuk pemerintah untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Salah program dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Sejak 2007 program ini diluncurkan. BRI menjadi bank yang paling banyak menyalurkan KUR.

Tahun 2007 semenjak KUR diluncurkan bukanlah waktu yang lama. Program ini dimulai sejak kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono. Karena dipandang baik dan dapat membantu kesejahteraan masyarakat dalam meningkatkan usaha kecilnya dengan bantuan modal. Pemerintah Jokowi memandang program ini perlu didukung dan dilanjutkan.

KUR BRI ditujukan pada sektor pertanian (on farm), perikanan (on farm) dan industri pengolahan, dan sektor perdagangan. Dalam program-nya ini Bank BRI beberapa bulan yang lalu memberitakan bahwa Pada tahun 2016 lalu, Bank BRI mampu menyalurkan KUR sebesar Rp69,4 Triliun kepada 3,9 juta debitur. Ini adalah pencapaian yang bagus.

BRI dianggap berhasil dalam menjalankan program pemerintah karena bank ini memiliki jaringan yang sangat luas di penjuru Nusantara. Bank BRI pasti ada di seluruh kecamatan Indonesia. Bank ini berhasil menjangkau masyarakat di pedesaan. Di mana pelaku KUR sendiri mayoritas adalah masyarakat menengah atau menengah ke bawah. Inilah kekuatan BRI.

Sampai minggu keempat Agustus 2017 ini BRI mencatat telah menyalurkan sebesar Rp46,2 triliun. Penyaluran KUR ini telah dilakukan kepada 2,5 juta debitur. Realisasi ini sebesar 65% dari target sampai akhri 2017 sebesar Rp71 triliun.

“Dari KUR yang disalurkan sejak awal 2017, 40% atau Rp18,2 triliun telah disalurkan ke sektor produktif,” kata Hari Siaga Sekretaris Perusahaan BRI, Sabtu (2/9/2017).

Ini sesuai dengan arahan pemerintah bahwa 40% KUR harus disalurkan ke sektor produktif. Jika dihitung sejak ada skema baru KUR pada Agustus 2015 maka BRI telah menyalurkan sebesar Rp131,8 triliun kepada 7,4 juta debitur baru. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.