Sabtu, 7 Desember 19

KUR BRI Berandil Kembangkan UMKM

KUR BRI Berandil Kembangkan UMKM
* Konferensi pers di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Kamis (24/10/2019). (Foto: BRI)

Jakarta, Obsessionnews.com – Pemerintah memiliki kepedulian yang tinggi pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Hal ini diwujudkan melalui berbagai program untuk mengembangkan UMKM, salah satu di antaranya adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR).

KUR dilaksanakan sejak 2007 oleh bank-bank yang ditunjuk oleh pemerintah. Berkat KUR banyak UMKM yang mengalami kemajuan. Selain itu KUR ikut andil menciptakan banyak lapangan pekerjaan.

Salah satu bank yang menyalurkan KUR adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Bank berpelat merah ini salah satu bank terbesar dan tersebar di Indonesia.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, selama Januari hingga September 2019 BRI berhasil menyalurkan KUR senilai Rp 77,26 triliun kepada 3,6 juta debitur, di mana pencapaian ini setara dengan 88,83% dari alokasi penyaluran KUR yang di breakdown pemerintah di tahun 2019.

“Bank BRI berkomitmen untuk terus fokus dalam melakukan ekspansi bisnis di segmen mikro dengan melakukan strategi go smaller, go shorter, go faster,” ujar Sunarso saat konferensi pers di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Beberapa langkah nyata yang telah dilakukan oleh badan usaha milik negara (BUMN) untuk memperkuat bisnis mikro di antaranya yakni digitalisasi bisnis proses dengan menggunakan BRISPOT, penguatan big data segmen mikro, peningkatan kapabilitas sumber daya manusia (SDM), serta melakukan rejuvenasi produk pinjaman mikro. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.