Senin, 23 September 19

Kunjungi Sentra UKM di Banyuwangi, Menkop Pantau Penyaluran KUR

Kunjungi Sentra UKM di Banyuwangi, Menkop Pantau Penyaluran KUR
* Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga berdialog dengan pelaku UKM di desa Sumber Sewu, Muncar, Banyuwangi, Jatim. (Foto: dok Kemenkop UKM)

Banyuwangi, Obsessionnews.com – Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga mengunjungi sentra UKM di desa Sumber Sewu, Muncar, Banyuwangi, Jatim. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat kegiatan usaha penerima KUR, sekaligus memantau penyaluran KUR 2019. 

“Tahun ini KUR akan lebih banyak diarahkan untuk sektor produktif dan setelah melihat langsung ke lapangan, saya  optimis KUR  produktif akan  banyak diserap UKM,” kata Menteri Puspayoga melalui siaran pers, Senin (28/1/2019).

Menteri Puspayoga mengatakan penekanan KUR sektor produktif ini karena diyakini sektor ini akan mempercepat kegiatan perekonomian rakyat, membantu penyerapan tenaga kerja, dan memberikan kontribusi pada peningkatan PDB.

Seperti diketahui, pemerintah menaikkan plafon KUR 2019 menjadi Rp 140 triliun atau naik dibandingkan plafon KUR 2018 yang Rp 123,8 triliun. Alokasi untuk  KUR sektor produktif juga dinaikkan menjadi 60 persen di 2019 dibanding 2018 yang 50 persen.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Puspayoga juga menyerahkan secara simbolis program strategis kementrian berupa KUR  dari bank BUMN yaitu BNI, BRI, BRI Syariah dan BTN, kepada pelaku UKM.

Pasangan suami istri dari Banyuwangi, H Zainur Rasid dan Hj Siti Nuryani, menerima KUR Rp 500 juta dari BRI. Keduanya membuka usaha UKM ‘Rocky Craft’ produsen kap lampu hias berbahan  kulit kerang.

Sementara Sudiaman menerima KUR senilai Rp 500 juta dari BNI. Sudiaman menjelaskan KUR sebesar Rp 500 juta itu nantinya digunakan untuk memperbesar kapasitas diversifikasi usaha produksi gula tebu.

“Banyuwangi ini banyak lahan tebu sementara kebutuhan pasar akan  gula tebu masih kurang,” jelasnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.