Kamis, 24 Oktober 19

Kunjungi SDN Onitua Kupang, PPI Amerika-Eropa Gelar Aksi Sosial

Kunjungi SDN Onitua Kupang, PPI Amerika-Eropa Gelar Aksi Sosial
* Suasana aksi sosial serentak PPI Amerika-Eropa di SDN Onitua Kupang. (Foto: dok PPI)

Kupang, Obsessionnews.com – Delegasi Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia Kawasan Amerika-Eropa (PPIDK Amerika-Eropa) mengunjungi SDN Onitua, Kupang Barat, NTT untuk berbagi inspirasi dalam kegiatan Aksi Sosial Serentak (ASS). Dalam kegiatan aksi kali ini, PPI Amerika-Eropa memilih tema Pendidikan Indonesia dan kawasan Indonesia Timur adalah kawasan pilihan mereka karena statusnya sebagai salah satu daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal).

Delegasi PPIDK Amerika-Eropa terdiri dari Mohamad Fajar Haqy Ismaya, Titah Haritul Ichawni, Brimoresa Wahyu Dhoran Dhoro, dan Sandra Woro Aryani. Kedatangan empat delegasi ini ternyata sangat ditunggu-tunggu oleh adik-adik karena mereka tahu bahwa keempat delegasi berasal dari benua pemain bola favorit mereka.

Salah satu kegiatan yang mereka lakukan adalah mengadakan lomba antar kelas (16 Agustus 2019) untuk menyambut ulang tahun Indonesia. Saat lomba, sangat terlihat bahwa benua favorit dari adik-adik SDN Onitua adalah benua Eropa. Walaupun mereka tidak hafal nama semua benua pada saat ditanya, tetapi karena hafal pemain bola mereka berani menjawab dan tidak takut salah. Kegembiraan dan akan kedatangan delegasi juga sangat sekali terlihat pada saat delegasi-delegasi bercerita tentang kehidupan di benua Eropa. 

“Iya, pada saat kita bertanya tentang benua saat lomba tadi, mereka lebih kenal dengan benua Eropa karena pemain sepak bola favorit mereka adalah Lionel Messi dan Ronaldo yang berasal dari benua Eropa. Bahagia sekali mereka pada saat mendengar cerita-cerita kita tentang negara Itali, Spanyol dan juga Turki,” ujar Titah, Wakil Koordinator PPI Amerika-Eropa dalam siaran pers, Senin (19/8/2019).

Sebelum lomba dimulai delegasi Titah Haritul Ichwani mengingatkan adik-adik bahwa mereka adalah generasi muda penerus bangsa sehingga dalam memaknai kemerdekaan bangsa Indonesia tidaklah sama seperti pahlawan Indonesia sebelumnya yang berjuang dengan bambu runcing, tetapi sekarang mereka berjuang dalam dunia pendidikan yang mana goresan tinta mereka adalah

Wujud dari arti kemerdekaan itu sendiri. Hal ini merupakan tujuan dari kedatangan tim delegasi PPI Amerika-Eropa untuk memberikan inspirasi tentang nilai-nilai kepemudaan, kepahlawanan, kejujuran, sportifitas dan juga arti kemenangan sejatinya.

“Kami jelaskan kepada adik-adik bahwa sekiranya kami melangkah ke tanah Eropa dan Amerika itu adalah perwujudan kami untuk dapat memberikan dan memaknai arti kemerdekaan Indonesia sehingga pada saat kami kembali ke negara ini kami bisa memberikan yang terbaik untuk negara Indonesia. Kami ingin menyampaikan bahwa apapun mimpi-mimpi adik-adik bisa diraih seperti kami meraih mimpi kami untuk ke luar negeri dan berkarya,” ujar Titah.

Antusiasme dan semangat 45 mentari-mentari Timur terpapar nyata menjelang seminggu ini. Mulai dari kegiatan menggambar, belajar bersama, bertani bersama, memasak, dan menceritakan mimpi-mimpi besar mereka.

“Delegasi yang berasal dari negara tempat pemain bola terkenal yaitu Lionel Messi dari Barcelona dan juga Ronaldo bisa datang itu kita sangat senang sekali. Anak-anak SDN Onitua juga sangat gembira bisa bertemu kakak-kakak dari benua asal pemain-pemain bola yang anak-anak idolakan,” ujar Pengawas Binaan Sekolah Kantor UPTD Dinas P&K Kecamatan Kupang Barat, Ferdinand Fatu.

Kepala Sekolah SDN Onitua, Yavid Soru menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan delegasi PPI Amerika-Eropa. Pihaknya merasa senang karena momentum kegembiraan ini bisa dinikmati oleh siswa-siswi di sekolahnya.

“Kami sangat berterima kasih kepada kakak-kakak dari PPI Amerika-Eropa sudah bisa datang dan kasih inspirasi dan juga menjadi bukti nyata bahwa anak Indonesia bisa kuliah diluar negeri, apalagi di negara asal pemain bola yang adik-adik ini tahu walaupun mereka dari daerah terpencil,” ujar Yavid Soru.

Untuk menyambut hari raya Kemerdekaan, delegasi-delegasi serta seluruh murid, guru dan para tetuah adat akan melalukan upacara bendera di lapangan SDN Onitua, Desa Tesabela, Kupang dan acara akan diakhiri dengan lomba antar kecamatan. 

PPIDK Amerika-Eropa merupakan organisasi mahasiswa dan pelajar Indonesia yang berafiliasi dengan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia). Organisasi pelajar Indonesia yang juga dikenal dengan Overseas Indonesian Students’ Association Alliance (OISAA) telah menjadi wadah organisasi dari perhimpunan pelajar Indonesia atau nama sejenisnya dari berbagai negara.

PPIDK Amerika-Eropa mewakili lebih dari 10,000 mahasiswa Indonesia, serta PPI Negara dan PPI cabang kota yang terbentang dari Amerika sampai Eropa. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.