Minggu, 25 Agustus 19

Kunjungan Kapal Pesiar ke Sabang Terus Meningkat

Kunjungan Kapal Pesiar ke Sabang Terus Meningkat
* Kota Sabang, Provinsi Aceh, disambangi kapal pesiar MS Albatros berbendera Bahamas/Nasau, yang membawa 900 wisatawan mancanegara. (Foto: FB Kemenpar)

Sabang, Obsessionnews.com – Indonesia memiliki berbagai objek wisata serta aneka ragam kebudayaan dan kesenian yang menarik perhatian wisatawan mancanegara (wisman). Tahun ini pemerintah menargetkan 20 juta kunjungan wisman ke Indonesia.

Untuk mencapai target tersebut pemerintah melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) gigih mempromosikan aneka potensi wisata. Salah satu di antaranya adalah wisata bahari di Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Sabang makin menjadi primadona wisatawan cruise atau pelayaran. Terbaru Sabang disambangi kapal pesiar MS Albatros berbendera Bahamas/Nasau, yang membawa 900 wisman.

Kapal pesiar dengan gross register tonnage (GRT) 28,518, netto register ton (NRT) 10,962, dan bernomor International Maritime Organization (IMO) 7304314 itu bertolak dari Langkawi, Malaysia, dan bersandar selama delapan jam di Pelabuhan CT3 Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS).

Kunjungan kapal pesiar MS Albatros berbendera Bahamas/Nasau disambut tarian tradisional Etnis Aceh. (Foto: FB Kemenpar)

 

Wakil Kepala BPKS Islamuddin mengatakan, kunjungan kapal pesiar itu disambut tarian tradisional Etnis Aceh. Ratusan pelancong turun berjalan kaki menyusuri Sabang dan melakukan kunjungan ke sejumlah destinasi wisata bahari dan heritage.

“Kapal MS Albatros berbendera Bahamas ini ada 900 orang dari mancanagera. Mereka datang untuk melakukan kunjungan wisata ke Sabang,” tutur Islamuddin, Jumat (12/4/2019).

Selain itu para wisman tersebut juga berkunjung ke sejumlah desnitasi wisata yang tersebar di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSNP). Mereka pergi dengan menggunakan jasa angkutan umum seperti becak roda tiga dan mobil.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Sabang Faisal mengungkapkan, kunjungan kapal pesiar berdampak pada ekonomi masyarakat khususnya pelaku industri pariwisata.

“Syukur alhamdulillah kunjungan kapal pesiar ke Sabang terus meningkat. Pemerintah Kota Sabang bersama BPKS terus melakukan promosi potensi wisata bahari ke mancanegara guna meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Sejak Januari hingga April 2019 sebanyak empat kapal pesiar sudah bersandar di Sabang, yakni MS Seabourn Soujourn, MS Seven Saes Mariner, MS Silver Discoverer serta terakhir MS Albatros.

Pada 2019 sebanyak lima kapal pesiar lainnya, yakni MS Europa, MS Azamara Quest, MS Seabourn Encore, MS Boudicca, Marella Discovery dan MS Seabourn Ovation sudah mengonfirmasi akan melakukan kunjungan wisata ke Sabang.

Objek wisata yang sering dikunjungi para wisatawan asing dan lokal ketika berlibur ke Sabang meliputi hamparan pantai pasir putih Iboih dan Sumur Tiga yang menghadap ke Samudera Hindia dan Selat Malaka, serta destinasi wisata heritage lainnya seperti Benteng-Benteng Jepang.

BPKS mencatat kunjungan kapal pasiar dari mancanegara ke Sabang, pada 2018 sebanyak enam kapal. Sedangkan pada 2017 ada tiga kapal melakukan kunjungan wisata ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga menyambut baik kedatangan Kapal Pesiar Albatros ini. Menurut Arief, kedatangan kapal ini bukti bahwa Sabang bisa menjadi international hub. Salah satunya dengan memiliki event rutin dari Segitiga Phuket-Langkawi-Sabang.

“Kami sudah bersepakat untuk kerja sama dengan marina di Phuket dan Langkawi. Mimpi besarnya membuka rute segitiga dengan Sabang. Itu harus kita sukseskan,” kata Arief seperti dikutip obsessionnews.com dari laman Facebook Kemenpar.

Untuk mewujudkannya, lanjutnya, Kemenpar terus bekerja keras memantau persiapan terkait agar berhasil membuat pecinta wisata bahari tumpah ruah di sana. Tidak hanya saat event saja, tetapi usai event itu menghasilkan portofolio bisnis baru berbasis wisata bahari. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.