Senin, 30 November 20

Kuasa Hukum Desak KPK Cabut Status Tersangka BG

Kuasa Hukum Desak KPK Cabut Status Tersangka BG

Jakarta, Obsessionnews – Kuasa Hukum Komjen Pol Budi Gunawan (BG), Maqdir Ismail, mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus segera eksekusi batas waktu pencabutan status tersangka BG di KPK.

“‪Saya kira nggak ada batas waktu lagi, sekarang ini mereka harus eksekusi putusan pengadilan. Kalau mereka tidak eksekusi putusan pengadilan, berarti mereka (KPK) melawan hukum. Mereka melanggar hasil putusan,” ujar Maqdir di PN Selatan, Jakarta, Senin (16/2/2015).

‪Ketika dia ditanya KPK bilang ada pasal lain untuk menjerat BG menjadi tersangka, Maqdir mempersilakan kepada KPK untuk membuktikannya.

“‪Ya silakan itu hak nya mereka. Tetapi paling tidak sudah bisa dibuktikan oleh pengadilan bahwa penetapan BG sebagai tersangka korupsi itu tidak sah oleh pengadilan,” katanya.

“‪Saya kira tidak perlu lagi dicari-cari alasan lain, untuk menjadikan beliau sebagai tersangka. Kan nggak ada gunanya,” tambah Maqdir.

Menurut Maqdir, tidak ada manfaatnya untuk bangsa dan negara kalau hanya ribut soal-soal teknis. “Dimana cukup banyak hal yang tidak dipahami oleh orang banyak dan oleh hanya ahli hukum saja, yang terkadang juga tidak konsisten,” pungkasnya.

Sementara itu, Koalisi Masyarakat Sipil berencana melaporkan hakim Sarpin Rizaldi ke Komisi Yudisial (KY). Laporan dilakukan atas keputusan Sarpin memenangkan gugatan praperadilan BG atas KPK. “Kita mau melaporkan hakim Sarpin ke KY. Dia telah melampaui kewenangannya,” kata Koordinator Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan Indonesia Corruption Ewatch (ICW) Emerson Yuntho di kantor KPK, Senin (16/2).

Menurut Emerson, di dalam Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), seorang hakim dalam gugatan praperadilan tidak bisa memutuskan status tersangka yang telah disandang seseorang. “Waktu kasus penetapan tersangka di Chevron itu kan hakimnya dimutasi, kena sanksi. Jadi, kita minta hakim ini diperiksa, harusnya dipecat si Sarpin,” tegas Aktivis ICW. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.