Jumat, 9 Desember 22

Kualitas Pelayanan Publik Masih Rendah

Kualitas Pelayanan Publik Masih Rendah
* Gedung Ombusdman di Jakarta.

Jakarta Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan publik dengan membentuk tim khusus. Sikap ini diapresiasi langsung oleh Ombudsman Republik Indonesia (ORI). Ketua ORI Amzulian Rifai mengakui bahwa kualitas pelayanan publik masih jauh dari harapan.

“Pada tahun 2015 ORI menerima laporan masyarakat sejumlah 6.859 laporan. Sedangkan sampai dengan April 2016 sudah lebih dari 2.000 laporan. Prediksi ORI laporan ini akan terus meningkat,” ungkap Amzulian seperti disiarkan website resmi Ombudsman, www.ombudsman.go.id Minggu (29/5/2016).

Menurutnya sikap Presiden dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik sudah keharusan. “Saya memandang hal ini sebagai respon pemerintah yang positif terhadap berbagai keluhan masyarakat selama ini,” tuturnya.

ombudsman 2
Para anggota Ombusdman mengkritisi masih rendahnya pelayanan publik.

Ia mengatakan pada tahun 2015 ada sepuluh institusi yang banyak dilaporkan oleh masyarakat, di antaranya pemerintah daerah, kepolisian, lembaga pendidikan negeri, perbankan, dan kejaksaan.

“Apapun program, visi misi yang hendak dibangun oleh seluruh penyelenggara negara baik kementerian, kelembagaan negara, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan Badan Hukum Milik Negara (BHMN), pada akhirnya juga direfleksikan oleh keluhan, laporan, pengaduan masyarakat terhadap pelayanan publik,” ujarnya.

Berdasarkan kondisi tersebut, ORI sebagai lembaga negara bertugas mengawasi pelayanan publik mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk lebih memahami hak-hak dan kewajiban terkait pelayanan publik.

Pentingnya pelayanan publik dalam sistem kenegaraan maka perlu melibatkan berbagai pihak. Amzulian mengajak pada seluruh warga untuk lebih peka dan peduli terhadap kualitas pelayanan publik. Ia mengharapkan agar masyarakat senantiasa aktif berpartisipasi mengawasi pelayanan publik.

“Tidak segan dan tidak ragu melaporkan kepada ORI apabila mengalami maladministrasi dan pelayanan publik yang tidak sesuai dengan standar kualitas yang seharusnya,” tegasnya. (Asma, @asmanurkaida)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.