Minggu, 2 Oktober 22

KTP Ahok-Heru Dekati Angka Sejuta

KTP Ahok-Heru Dekati Angka Sejuta
* Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Foto: Edwin Budiarso/Obsessionnews.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Perolehan fotokopi KTP untuk Ahok-Heru mendekati angka sejuta. Pengumpulan KTP untuk mendukung Ahok-Heru maju di Pilkada DKI Jakarta 2017 ini dilakukan relawan Teman Ahok sejak 11 Maret 2016. Data yang dirilis Teman Ahok Sabtu (18/6) menyebutkan total perolehan KTP hingga Jumat (17/6) sebanyak 996.516 lembar. Tinggal butuh 3.484 KTP lagi untuk menembus angka sejuta.

Ditargetkan sejuta KTP akan tercapai pada Minggu (19/6) besok. Dan direncanakan besok Teman Ahok akan merayakan perolehan sejuta KTP di markasnya, Graha Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

“Insya Allah besok akan kami rayakan pengumpulan 1 juta KTP itu,” kata ahli hukum Teman Ahok, Andi P Syafrani, di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (18/6).

Setelah 1 juta KTP dukungan Ahok-Heru itu terkumpul, Teman Ahok akan melaporkan hasil tersebut kepada Ahok. Sebab, 1 juta KTP ini merupakan permintaan dari Ahok untuk maju melalui jalur independen.

Ahok, sapaan akrab Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, tidak menjadi kader parpol apapun setelah hengkang dari Partai Gerindra pada tahun 2014. Ia memutuskan maju di Pilkada DKI 2017 melalui jalur independen dan menggandeng Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI, Heru Budi Hartono, sebagai wakilnya. Duet Ahok-Heru yang diusung relawan Teman Ahok dideklarasikan pada Senin (7/3) lalu.

Popularitas Ahok semakin melejit. Berbagai hasil survei yang dilakukan lembaga survei menempatkan Ahok merupakan calon gubernur pada Pilkada DKI 2017 yang paling populer. Juga hasil survei itu menyebutkan tingkat elektabilitasnya paling tinggi.

Sepak terjang Ahok juga mendapat perhatian dari Harian The New York Times. Dalam edisi 5 Juni 2016 harian ini mengulas sosok Ahok. Harian dengan oplah nomor dua terbesar di Amerika Serikat (AS) itu menilai Ahok sebagai sosok yang menggoncang sistem perpolitikan Indonesia yang dikendalikan oleh kaum elite partai.

Sejak menjabat November 2014, The New York Times menyebut Ahok tidak menunggu lama untuk ‘menyikat’ birokrat yang tidak kompeten dan memberantas korupsi yang merajalela.

New York Times kemudian mengutip Charlotte Setijadi, periset di program Ilmu Indonesia di Institut Studi Asia Tenggara-Yusof Ishak yang berbasis di Singapura. Charlotte mengatakan, “Basuki (Ahok) menampilkan dirinya sebagai sosok alternatif melawan sistem politik yang memuakkan banyak rakyat Indonesia.”

“Keberaniannya itu akan menolong dia meraup suara pada Pilkada  DKI,” kata Charlotte.

Selain didukung Teman Ahok, Ahok juga didukung Partai Nasdem, Partai Hanura, dan Partai Golkar. (arh, @arif_rhakim)

Baca Juga:

Netizen Minta Teman Ahok Jangan Terlalu Pede

Teman Ahok Bantah Terima Dana Rp 30 Miliar dari Pengembang Reklamasi

Golkar Resmi Dukung Ahok

Teman Ahok Optimis Sejuta KTP Terealisir Bulan Ini

Duh! Lulung Heran Golkar Dukung Ahok

Dukung Ahok, Yorrys Dikritik Golkar DKI

Semakin Populer, Ahok Hanya Butuh 2,8% KTP Lagi

UU Pilkada Rampok Hak Politik Pemilih Pemula

Guntur Soekarno Nilai Teman Ahok Militan

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.