Minggu, 5 Desember 21

Breaking News
  • No items

KSAU Bantah Pesawat F-16 yang Jatuh Terkait Pembaretan Jokowi

KSAU Bantah Pesawat F-16 yang Jatuh Terkait Pembaretan Jokowi

Jakarta, Obsessionnews – Pesawat tempur jenis F-16 terbakar di landasan pacu Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pagi tadi. Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Agus Supriatna menjelaskan pesawat milik TNI Udara itu bukan termasuk dalam upacara pembaretan Presiden Joko Widodo di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

“Bukan ini, latihan komando pertahanan nasional (Kohahudnas). Yang fly pass dari kemarin memang hanya dua,” ‎ungkap Agus saat ditanya wartawan di Mabes TNI, Jakarta, Kamis (16/4/2015).

Agus mengatakan pesawat naas itu sedang take off, namun saat rooling terjadi kebakaran mesin. Pilot atas nama penerbang Firman‎ Dwi Cahyo, langsung keluar menyelamatkan diri saat terjadi kebakaran di bagian ekor pesawat tersebut.

“Alhamdulilah, karena landasan pacu masih cukup, sehingga pesawat itu bisa berhenti. Walaupun kondisi bahan bakar masih banyak. Pilot sudah dibawa ke rumah sakit,”  kata dia.

Diakuinya bahwa pesawat buatan tahun 1980 itu merupakan hibah dari Amerika Serikat. Pesawat tersebut biasanya digunakan untuk berlatih pertahanan udara. Ke depan pihaknya akan mengkaji lebih mendalam sebelum menerima alutsista hibah dari negara asing.

“Ini pelajaran buat kita semua kalau mau beli pesawat lebih baik yang baru jangan hibah. Kita akan kaji, evaluasi, saya ini penerbang F-16 dan ini baru pertama kali,” pungkasnya.

Berdasarkan rundown prosesi upacara pembaretan Jokowi, ada empat F-16 yang direncanakan akan ikut memeriahkan suasana. Hingga saat pembukaan hanya muncul tiga pesawat jenis yang sama. Pasca musibah, pesawat tersebut‎ sudah ditarik ke hanggar Bandara Halim Perdanakusuma.

Sebelumnya, Pesawat tempur F-16 milik TNI AU dilaporkan terbakar di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Kebakaran ini diperkirakan terjadi lantaran pesawat tersebut gagal terbang.

Kabar yang bergulir menyatakan bahwa pesawat ini jatuh dikaitkan dengan persiapan menjelang pembaretan Presiden Jokowi sebagai warga kehormatan TNI.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Kamis, 16 April 2015, pesawat terbakar dalam keadaan utuh. Sejumlah warga merekam proses terbakarnya pesawat.

Insiden terjadi ketika pesawat gagal take off. Kemudian, roda pesawat sebelah kiri terlepas menyebabkan bodi pesawat bergesekan dengan landasan dan menimbulkan percikan api. Percikan api kemudian menyulut kebakaran.

Pesawat dengan tail number TS-1643 itu dipiloti Letkol Pnb Firman. Pilot dilaporkan berhasil menyelamatkan diri.

Rencananya, pesawat ini akan melintas di atas Mabes TNI. Pesawat akan bermanuver menyambut penyematan tanda warga kehormatan pasukan khusus TNI kepada Presiden Joko Widodo. (Has/Bowo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.