Selasa, 28 September 21

KSAD Akan Jelaskan ke DPR, Soal Jatuhnya Hercules

KSAD Akan Jelaskan ke DPR, Soal Jatuhnya Hercules

Jakarta, Obsessionnews – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo pada Rabu (1/7/2015)  hari ini, mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi I DPR RI sebagai calon Panglima TNI menggantikan Panglima sebelumnya, Jenderal Moeldoko.

Gatot  mengatakan, ‎dalam uji kelayakan kali ini visi misi yang akan disampaikan secara garis besar menyangkut, tentang kondisi keamanan secara global, dan bagaimana tantangan bangsa kedepan. Namun, secara spesifik Gatot tidak mau menjelaskannya.

‎”Visi misi secara garis besar tentunya, saya akan menceritakan kondisi global bagaimana, regional  bagaimana, nasional bagaimana. Kemudian itu adalah tantangan bangsa ini,” ujarnya di DPR, Rabu (1/6/2015).

Persoalan itu kata Gatot, akan dijadikan bahan refleski untuk mengantisipasi tantangan bangsa kedepan untuk disampaikan di Komisi I. Sebab,  ‎ancaman dan keutuhan bangsa kata dia, menjadi tangung jawab utama TNI.

Adapun, mengenai persoalan alustista TNI yang dinilai masih banyak memiliki kekurangan. Gatot juga mengatakan akan menyampaikan persoalan itu ke Komisi I. Termasuk juga mengenai adanya insiden jatuhnya Pesawat Hercules milik TNI di Medan Sumatera Utara. “Ya nanti saya akan jelaskan ke Komisi I,” terangnya.

Hanya saja, Gatot tidak mau memaparkan terlalu jauh bagaimana sikap dia atas jatuhnya Pesawat Hercules. Sebab, persoalan ini sudah disampaikan ke Kepala Staf Angkatan Udara dan Panglima TNI. Dan ia mengaku tidak punya kapasitas untuk memberikan pernyataan yang lebih. “Kalau ke depan bagaimana nanti kalau saya jadi panglima TNI,” terangnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo telah mengajukan Gatot sebagai calon tunggal Panglima TNI. Pencalonan Gatot sempat menimbulkan penolakan. Sebab, kebiasaan Presiden sebelumnya dari jaman Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Panglima TNI selalu Dijabat secara bergantian .(Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.