Selasa, 19 November 19

Kriminalitas Kepualauan Riau Meningkat

Kriminalitas Kepualauan Riau Meningkat

Batam, Obsessionnews – Pada triwulan pertama 2016, kasus pencurian dengan pemberatan (curat) meningkat menjadi 96 kasus dibanding triwulan 2015 lalu yang terhitung hanya 76 kasus.

Data tersebut disampaikan Kapolda Kepulauan Riau Brigjen Pol Sambudi Gusdian pada upacara bulanan di Mapolda Kepri, Senin (18/4/2016).

Kasus pencurian sepeda motor terbilang masih tinggi dengan angka 201 kasus, angka tersebut dinilai menurun dibandingkan periode sebelumnya yang berselisih empat angka.

“Memang untuk curanmor ini masih terbilang cukup tinggi,” ujar Kasubdit Penmas Bidhumas Polda Kepri Kompol Arwin, Senin pagi.

Sedangkan pencurian dengan kekerasan ia mengungkapkan, terjadi penurunan pada kasus pencurian rata-rata disertai kekerasan, dimana angka triwulan tahun sebelumnya terjadi 62 kasus, tahun ini hanya 42 kasus.

Sementara pada kasus judi, dari sebelumnya 10 kasus, kini naik menjadi 12 kasus.‎

Selain itu, kasus traffiking Polda menyatakan tidak terjadi pada triwulan terakhir, namun pada triwulan tahun 2015 terdapat dua kasus.

“(Penghitungan jumlah) kasus ini mulai dari laporan kasus hingga polisi melakukan operasi atau razia. Begitu juga dengan kasus narkoba, kita juga beberkan data per triwulanya,” ungkapnya.

Dan untuk Narkoba, Polda Kepri telah menangani 14 kasus, masing-masing di Polresta Barelang 19 kasus, Polres Tanjungpinan sembilan kasus, Polres Karimun delapan Kasus, Polres Bintan delapan kasus, Polres Natuna satu kasus, Polres Lingga satu kasus dan BNNP Kepri lima kasus.

Dengan hal itu, Arwin meminta masyarakat dapat membantu meminimalisir terjadinya angka kejahatan di Kepulauan Riau.

“Semua harus bersinergi. Antara masyarakat pemerintah dan aparat untuk bersama-sama berperan menekan angka kejahatan dan kasus yang terjadi. Terutama peran masyarakat,” kata Arwin. (Aprilia Rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.