Senin, 29 November 21

Kredit Perbankan Tumbuh Cuma 4,7%

Kredit Perbankan Tumbuh Cuma 4,7%

Jakarta, Obsessionnews Lesunya iklim ekonomi belakangan ini membuat bankir memprediksi kredit perbankan cuma 4,7% pada kuartal I/2015. Jauh dengan target semula yang awalnya dibidik pada kisaran 15%-17%.

Demikian disampaikan oleh Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Tony Prasetiantono menuturkan pertumbuhan bisnis bank sangat tergantung dengan kondisi ekonomi.

Menurut proyeksi Tony yang juga Komisaris di PT Bank Permata Tbk. tersebut, setelah sempat tertekan di posisi pertumbuhan sebesar 4,7% pada kuartal I/2015, ekonomi Indonesia dinilai akan kembali terakselerasi pada kuartal II/2015.  (Baca juga: Belum Sepenuhnya Masyarakat Indonesia Terlayani Perbankan )

maryonodirutbankbtnPada akhir tahun nanti, lanjut Tony, keseluruhan pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksikan akan tumbuh sebesar 5,1%. “Dengan asumsi tersebut, kredit bisa tumbuh 12% tahun ini,” ujar Tony di Jakarta, pekan lalu.

Menurut Tony, proyeksi tersebut juga sejalan dengan langkah para bankir yang mulai mengerem laju kredit karena mengutamakan kehati-hatian di tengah perlambatan ekonomi.

“Memang di awal bank sempat berharap bisa mencapai 15%-16% , tapi realitas di lapangan tak bisa tercapai karena bank juga harus lebih berhati-hati menyalurkan kredit.”

Senada dengan proyeksi Tony, dalam Laporan Analisis Stabilitas dan Sistem Perbankan Triwulan II/2015, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memproyeksikan pertumbuhan kredit perbankan hingga akhir tahun nanti hanya akan mencapai 12,8% atau lebih rendah dari proyeksi sebelumnya sebesar 14,2%.

Perlambatan pertumbuhan tersebut, disebabkan pelaku di industri perbankan yang cenderung berhati-hati dalam menyikapi perlambatan aktivitas ekonomi. (Mahbub Junaedi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.