Minggu, 3 Maret 24

KPU Ungkapkan Mekanisme Debat Perdana Capres-Cawapres

KPU Ungkapkan Mekanisme Debat Perdana Capres-Cawapres
* Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari saat konferensi pers persiapan debat capres/cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (11/12/2023). (ANTARA/Narda Margaretha Sinambela)

Obsessionnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengungkapkan mekanisme debat perdana calon presiden-wakil presiden (capres/cawapres) yang dijadwalkan berlangsung di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan, debat perdana ini akan dimulai pada pukul 19.00 WIB. Pesertanya akan diikuti oleh calon presiden (capres).

 

Baca juga: Hari ke-13 Kampanye Pilpres 2024, Anies dan Muhaimin Kompak Libur

 

“Siapa yang berdebat? Ya untuk besok malam kesempatan pertama pada debat capres-cawapres, di panggung untuk berdebat hanya capresnya saja,” ujar Hasyim saat konferensi pers persiapan debat capres/cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (11/12).

Adapun untuk durasi debat akan berjalan selama 150 menit. Meski demikian durasi khusus debatnya 120 menit atau 2 jam.

Selama itu akan ada enam segmen yang dipisah dengan jeda iklan. Pada masing-masing segmen, para penyelia berhak memberi tiga pertanyaan ke para capres.

“Sebagai gambaran begini, pada kesempatan pertama itu nanti saya sampaikan bahwa panelis akan menyusun 18 pertanyaan. Itu kan ada enam segmen, berarti ada tiga pertanyaan yang disiapkan untuk masing-masing segmen,” jelasnya.

Kemudian masing-masing capres akan mengambil pertanyaan yang sudah disiapkan para panelis secara acak. Setelah capres A menjawab, capres B dan C akan diberi kesempatan untuk menanggapi.

“Setelah menanggapi, calon A juga diberikan kesempatan untuk menanggapi balik supaya kemudian clear (jelas) di bagian perdebatan itu. Tapi pada dasarnya di bagian awal sebelum masuk kepada pertanyaan, masing-masing diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi misi program sesuai dengan tema,” ucap Hasyim.

Untuk diketahui tema debat perdana ini adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

KPU telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024.

Sementara itu debat terakhir berlangsung pada 4 Februari 2024. Lima kali debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta.

Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu. (Antara/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.