Sabtu, 16 Oktober 21

KPU Segera Umumkan 10 Draft Regulasi Pemilu

KPU Segera Umumkan 10 Draft Regulasi Pemilu

Jakarta, Obsessionnews – Menjelang semakin dekatnya Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) yang rencananya dilaksanakan  serentak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku pemrakarsa pemilu sedang mempersiapkan peraturan terkait penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.

“Persiapan Pilkada sekarang sedang tahap menuntaskan 10 peraturan, kami sudah meminta agar kesempatan pertama Komisi II DPR dapat memfasilitasi penyelenggaraan konsultasi antara DPR, Penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu) dengan pemerintah,” kata Ketua KPU RI Husni Kamil Manik kepada Obsessionnews.com usai acara Obsession Awards 2015 di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (19/3) malam.

Menurut Husni, 10 peraturan sudah diadakan uji publik sehingga diharapkan nantinya pada bulan April semua regulasi dapat ditetapkan. “Setelah peraturannnya ditetapkan kami akan melakukan konsolidasi internal untuk diseminasi peraturan tersebut,” jelas Husni.

Ia pun mengungkapkan setelah diadakan bimbingan teknis internal dan diseminasi maka dalam waktu 2 bulan KPU melakukan sosialisasi kepada publik. “Setelah dua bulan ini seluruh stakeholder telah mendapatkan informasi yang cukup terutama partai politik dan calonnya,” tandas Ketua KPU.

Seperti diketahui, 4 draft peraturan yang terakhir sudah melalui uji publik pada Rabu (18/3). Adanya 10 peraturan baru tersebut digadang-gadang mampu memberikan perubahan dalam pemberantasan korupsi. Salah satunya rekomendasi penangguhan pelantikan pasangan atau salah satu calon yang terduga terjerat kasus korupsi.

Bagian paling menarik tentu adalah bagian kewajiban uji publik bagi pasangan calon peserta pemilu. Sebagaimana ditegaskan dalam Pasal 9 Rancangan Peraturan KPU disebutkan bahwa panitia uji publik 2 orang kalangan akademisi, 2 orang  tokoh masyarakat wilayah pemilihan dan 1 orang anggota KPU Provinsi/Kabupaten/Kota.

Acara malam penganugerahan Obsession Award 2015 diselenggarakan oleh Obsession Media Group (OMG) sebagai penerbit Majalah Men’s Obsession dan Women’s Obsession serta Situs Portal Berita Obsessionnews.com. Obsession Awards merupakan penganugerahan yang diberikan kepada para tokoh atau lembaga dan korporasi yang berhasil mencapai kesuksesan di berbagai bidang.(Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.