Kamis, 29 Oktober 20

KPU Buka Peluang Umumkan Hasil Pemilu Lebih Awal

KPU Buka Peluang Umumkan Hasil Pemilu Lebih Awal
* Ketua KPU Arief Budiman. (Foto: tagarnews)

Jakarta, Obsessionnews.com Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka peluang akan mengumumkan hasil pemilu 2019 lebih awal dari jadwal sebelumnya. Hal itu dilakukan dengan pertimbangan hampir rampungnya rekapitulasi suara dari seluruh provinsi.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, jika rekapitulasi 4 provinsi memungkinkan diselesaikan hari ini, KPU bisa langsung mengumumkan presiden dan wakil presiden terpilih sebelum tanggal 22 Mei 2019.

“Kalau nanti (hari ini) menetapkan sudah jam 23.55 WIB, kan tinggal 5 menit memasuki tanggal 21, tinggal kita lihat nanti,” jelas Arief di gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2019).

Arief menjelaskan, jika KPU sudah menetapkan hasil rekapitulasi pemilu, pihaknya masih akan menunggu keabsahan selama 3 hari. Ketentuan 3 hari itu, untuk menunggu pengajuan sengketa jika peserta pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kalau kita tetapkan tanggal 20, maka berikutnya akan mengikuti 3 hari kemudian, kemudian setelah 3 hari kemudian tidak ada sengketa, 3 hari berikutnya KPU menetapkan,” papar Arief.

“Jadi bisa hari pertama, kedua ketiga, setelah sengketa berakhir, ada pengajuan sengketa atau tidak, kemudian KPU menetapkan calon terpilih nya,” sambungnya.

Seperti diketahui, hari ini KPU akan merampungkan 4 provinsi dan 1 PPLN Kuala Lumpur yang tersisa. Total terhitung kemarin ini KPU telah merekapitulasi 30 provinsi. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.