Rabu, 20 Oktober 21

KPU Beri Waktu 60 Hari Bupati Grobogan Pilih Wakilnya

KPU Beri Waktu 60 Hari Bupati Grobogan Pilih Wakilnya
* Pelantikan Bupati Grobogan Sri Sumarni.

Semarang, Obsessionnews – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Tengah (Jateng) memberi waktu 60 hari bagi Bupati Grobogan terpilih, Sri Sumarni, menunjuk Wakil Bupati (Wabup) mendampingi dirinya di kursi pemerintahan. Sebelumnya, Wakil Bupati terpilih, Edy Maryono, meninggal karena  sakit

“Bupati Grobogan berhak menunjuk dan memilih Wabupnya. Paling lama 60 hari sejak wakilnya meninggal dan diserahkan langsung ke DPRD setempat untuk disetujui,” kata Joko dari KPUD Jateng di  Semarang, Senin (21/3/2016).

Menurutnya, penunjukan Wabup merupakan wewenang Bupati. Sementara bagi partai koalisi pengusung yakni PDI Perjuangan, PKB, Hanura dan PAN, Joko menyatakan partai pengusung hanya berwenang memberi masukan bakal calon Wabup.

“Tergantung Bupatinya mau mengajukan siapa. Sedangkan untuk partai pengusungnya itu hanya memberikan masukan kepada Bupati,” jelasnya.

Sementara itu Sri Sumarni mengatakan akan berdiskusi bersama seluruh partai pengusung terkait posisi pengganti Wabupnya tersebut. “Nanti dari partai koalisi PDI Perjuangan, PKB, Hanura dan PAN) akan duduk bersama untuk mencari solusinya. Yang penting nanti kita terbuka saja mencari pengganti yang terbaik,” katanya dilantik.

Meski almarhum Edy Maryono dari partai PKB, terkait calon yang akan diajukan, Sri belum bisa mengatakan lebih jauh lantaran harus didiskusikan dulu.

“Untuk pandangannya kami belum bisa mengatakan sekarang. Secara pasti, kami tetap mengharapkan partai koalisi yang mendukung kami,” ucapnya.

Di tempat terpisah Wakil Ketua DPRD Grobogan, HM Nurwibowo mengaku siap apabila diminta mengemban tugas sebagai Wabup. Ia mengatakan kesiapannya memikul amanah sebagai Wabup.

“Kami siap mas jika diminta untuk menjadi Wabup,” kata politikus PKB ini. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.