Jumat, 12 Agustus 22

KPK Tidak akan Menilai Calon Pimpinan Sendiri

KPK Tidak akan Menilai Calon Pimpinan Sendiri
Jakarta, Obsessionnews – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Adnan Pandu Praja menyanggupi permintaan Panitia Seleksi (Pansel) untuk menelusuri rekam jejak 48 nama calon pimpinan periode 2015-2018. Namun pihaknya tidak akan memberi penilaian (preferensi) untuk masing-masing kandidat.
“Nanti kami akan menyampaikan apakah pernah diperiksa dalam kasus apa dan sebagainya. Bukan kami kasih preferensi,” ujar Pandu usai menerima perwakilan Pansel di gedung KPK Jakarta, Selasa (28/7/2015).
Menurut Pandu, Preferensi yang dimaksud adalah dengan memberi catatan merah bagi pihak yang memiliki track record buruk, kuning untuk yang pernah dilaporkan dan hijau bagi pihak yang dinyatakan bersih. Cara mana yang pernah dilakukan KPK untuk menelusuri rekam jejak calon menteri Kabinet Kerja.
Pandu berjanji pihaknya akan memberikan data selengkap-lengkapnya mengenai pribadi masing-masing calon kepada pansel. Selanjutnya ia mempersilakan pansel memberi penilaian dan kesimpulan sendiri terhadap laporan tersebut.
“KPK akan menyampaikan apakah pernah dilaporkan ke KPK, pernahkah menjadi saksi, semua data-data dari KPK akan disampaikan ke pansel,” katanya.
Panitia Seleksi (Pansel) menyerahkan 48 nama calon kepada pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk ditelusuri rekamn jejaknya. Melalui penelusuran rekam jejak ini diharapkan pimpinan KPK yang terpilih benar-benar bersih.
“Kita mau minta tracking (calon),” ujar anggota Pansel KPK, Yenti Garnasih saat menyambangi KPK.
Yenti datang ke KPK bersama anggota lain dari Pansel KPK, Natalia Subagyo. Menurut Yenti, sebelumnya pansel KPK sudah meminta rekam jejak 48 capim KPK ke beberapa lembaga penegak hukum.
“Kemarin kita sudah Kepolisian, Kejaksaan dan ke BIN, sekarang kita bawa data tracking 48 orang (capim KPK) ke KPK,” tutur dia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.