Senin, 23 November 20

KPK Telah Tetapkan Gubernur Jambi Zumi Zola Tersangka?

KPK Telah Tetapkan Gubernur Jambi Zumi Zola Tersangka?
* Gubernur Jambi Zumi Zola.

Jakarta, Obsessionnews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diduga telah menetapkan Gubernur Jambi Zumi Zola sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi Jambi untuk tahun 2018.

Penetapan tersangka ini dilakukan setelah KPK melakukan pengembangan kasus yang sebelumnya terungkap dari Operasi Tangkap Tangan (OTT). Hingga saat ini sudah sebanyak 5 orang ditetapkan sebagai tersangka. Sedangkan sprindik untuk Zumi Zola sudah diajukan kepada pimpinan sejak minggu lalu.

Diduga, ada suap dari pihak Pemerintah Provinsi Jambi kepada pihak DPRD agar pembahasan RAPBD bisa berjalan lancar. Berdasarkan pengembangan penyidikan, diduga ada pihak lain yang terlibat kasus tersebut. Hal tersebut yang kemudian mendasari dilakukannya penyelidikan.

Dari penyelidikan yang dilakukan, KPK menemukan bukti permulaan yang cukup untuk menetapkan Zumi sebagai tersangka. Zumi diduga turut serta memberikan suap kepada pihak DPRD.

Status tersangka Zumi Zola belum resmi diumumkan, namun sejumlah sumber menyatakan KPK tinggal menentukan waktu yang pas untuk menyampaikan kepada publik melalui jumpa pers. Untuk mendukung langkah penyidikan bahkan KPK telah menggeledah Rumah Dinas Zumi Zola.

Menurut Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, jika sudah sampai pada tahap penggeledahan, status kasus yang ditangani sudah ditahap penyidikan. Jika sudah ditahap penyidikan, artinya sudah ada tersangka dalam kasus tersebut.

“Kalau sudah sampai geledah sudah di tahap apa, (penyidikan) ya sudah kamu jawab itu,” kata Saut di gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Rabu (31/1/2018).

KPK sebelumnya memanggil Zumi untuk diperiksa terkait penyelidikan baru dalam kasus ini untuk tersangka lainnya. Zumi hanya membenarkan penyidik menanyakan soal masalah pengesahan APBD Jambi. Namun, dia tidak menjelaskan panjang lebar soal ini.

“Ada juga tadi ditanyakan, sama seperti yang saya sampaikan kemarin,” ujar Zumi ketika itu. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.