Rabu, 8 Desember 21

KPK Sudah Yakin Bakal Menang Lawan Sutan Bhatoegana

KPK Sudah Yakin Bakal Menang Lawan Sutan Bhatoegana

Jakarta, Obsessionnews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menang dalam gugatan praperadilan yang diajukan mantan Ketua Komisi VII DPR RI Sutan Bhatoegana. Hakim pada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menyatakan menolak gugatan salah satu politisi Partai Demokrat tersebut.

KPK menghormati putusan hakim, karena menilai penetapan seseorang menjadi tersangka bukan merupakan kewenangan praperadilan. Menurut Pelaksana tugas Wakil Ketua KPK Johan Budi SP sejak awal pihaknya sudah meyakini bahwa hakim bakal menolak gugatan yang bersangkutan.

“Namun demikian kami (KPK) menghormati proses hukum dan kami hormati apa yang diputuskan oleh hakim praperadilan,” ujar Johan Budi saat dihubungi di Jakarta, Senin (13/4/2015).

Johan melanjutkan bahwa disisi lain KPK menghargai upaya dari tersangka untuk mencari celah hukum saat tidak menerima ditetapkan sebagai tersangka. Namun KPK menganggap bahwa proses pembuktian benar salahnya sangkaan mereka bisa dibuktikan di persidangan.

“Sejak awal kami menghormati proses hukum yang diajukan praperadilan oleh para tersangka termasuk pa SBG (Sutan Bhatoegana), demikian juga kami menghormati putusan hakim,” pungkas Johan.

Dalam pertimbangannya, hakim tunggal Asiadi Sembiring menyatakan menolak gugatan Sutan Bhatoegana karena menganggap gugatan tersebut sudah gugur setelah KPK melipahkan berkas penyidikan ke Pengadilan Tipikor.

“Menetapkan permohonan praperadilan yang diajukan oleh Sutan Bhatoegana gugur,” tutur Asiadi di PN Jaksel.

Dengan putusan tersebut maka Pengadilan Tipikor Jakarta akan mulai menggelar sidang perdana perkara korupsi yang menjerat Sutan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi terkat penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tahun 2013. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.