Kamis, 18 April 24

KPK Sudah Telusuri Rekam Jejak 43 Calon Menteri Jokowi

KPK Sudah Telusuri Rekam Jejak 43 Calon Menteri Jokowi

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah melakukan penelusuran rekam jejak dari 43 nama calon menteri yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lantas apa saja penilaian KPK dalam rekam jejak mereka?

Wakil Ketua KPK, Zulkarnain mengatakan, setidaknya ada beberapa penilaian yang dilakukan KPK, untuk mengidentifikasi bahwa calon kabinet Jokowi, adalah orang-orang yang berintegritas dan juah dari isu kasus korupsi yang tengah diselidiki KPK.

Salah satu penilaiannya yakni, sejauh mana para calon menteri Jokowi, ‎taat memberikan laporan mengenai harta Kekayaanya sebagai penyelenggara negara. Kemudian, semangatnya dalam menyerukan pemberantasan korupsi, dan juga berkaitan dengan laporan sesuatu yang diduga sebagai gratifikasi.

Dengan demikian, KPK mampu mengidentifikasi beberapa nama calon menteri yang dianggap bermasalah. KPK menggunakan dua warna untuk menandainya. Warna merah menjadi warna yang menandakan bahaya.

‎”Ini hanya untuk pertimbangan saja. Kami memberikan warna merah untuk calon yang potensial suppect tinggi,” jelasnya, Selasa (21/10/2014).

‎Sementara, satu lagi adalah warna kuning yang menandakan sebagai bentuk peringatan kepada Jokowi untuk menunjuknya sebagai menteri. Meski demikian, Zulkarnain enggan menyebutkan siapa nama yang sudah diberi tanda oleh KPK. (Abn)

 

Related posts