Minggu, 3 Maret 24

KPK Segera Umumkan Status Tersangka MS dalam Kasus Suap Proyek DJKA Kemenhub

KPK Segera Umumkan Status Tersangka MS dalam Kasus Suap Proyek DJKA Kemenhub
* Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu. (Foto: ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat)

Obsessionnews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana segera mengumumkan status tersangka pengusaha Muhammad Suryo (MS) dalam kasus dugaan suap proyek di Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.

Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu menyatakan bahwa pengumuman akan dilakukan melalui konferensi pers atau pengumuman resmi di KPK.

“Jadi seharusnya tidak disampaikan terlebih dahulu, ini kan sudah lazim jadi ada tersangka, pasalnya, Sehingga tidak terjadi simpang siur, karena yang resmi disampaikan di forum ini, akan disampaikan perkara apa tersangka siapa,” kata Asep dalam konfirmasi di Jakarta pada Rabu (29/11/2023).

Wakil Ketua KPK Johanis Tanak sebelumnya mengonfirmasi bahwa KPK telah menetapkan MS alias Muhammad Suryo sebagai tersangka dalam perkara suap proyek DJKA Kemenhub. Dalam ekspose, Johanis Tanak menyatakan bahwa MS sebagai tersangka dalam kasus ini.

Pengusaha M Suryo, Komisaris PT Surya Karya Setiabudi (SKS), diduga menerima uang sleeping fee sejumlah Rp9,5 miliar dari janji Rp11 miliar. Sleeping fee adalah pemberian uang dari peserta lelang yang dimenangkan kepada peserta yang kalah, yang merupakan praktik umum dalam pengaturan lelang proyek.

Kasus ini terkait dengan lelang proyek seperti Pembangunan Jalur Ganda Ka Antara Solo Balapan – Kadipiro – Kalioso, Pembangunan Jalur Ganda Ka Elevated Antara Solo Balapan – Kadipiro, dan Track Layout Stasiun Tegal. Dalam surat dakwaan mantan Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 wilayah Jawa Bagian Tengah, Putu Sumarjaya, terungkap bahwa Suryo diduga menerima uang melalui perantara bernama Anis Syarifah.

Pihak KPK terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk menyelidiki lebih lanjut kasus ini. Selain itu, hubungan dekat antara M Suryo dan Kapolda Metro Irjen Karyoto pun menjadi sorotan, dengan kesaksian Dion Renato Sugiarto yang mengklaim bahwa Suryo pernah mengunjunginya di tahanan dan meminta untuk mengubah Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

KPK berkomitmen untuk memberikan informasi secara transparan dan lengkap melalui konferensi pers, menjaga integritas penyelidikan, dan mengungkapkan fakta terkait kasus suap proyek DJKA Kemenhub yang melibatkan Muhammad Suryo. (Antara/Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.