Kamis, 4 Juni 20

KPK Segera Rampungkan Kajian Usulan Kenaikan Dana Parpol

KPK Segera Rampungkan Kajian Usulan Kenaikan Dana Parpol
* ilustrasi. (ist)

Jakarta, Obsessionnews.com – Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif menyatakan dalam waktu dekat kajian mereka tentang wacana kenaikan dana parpol akan rampung. KPK menilai dana parpol harus diawasi apalagi menjelang masa pemilihan kepala daerah.

“Dana parpol sedang dikaji. Kajiannya enggak akan lama lagi selesai,” kata Laode M Syarif di Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Pemerintah dan DPR berencana meningkatkan jumlah bantuan keuangan bagi partai politik (Parpol) dengan merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2009 tentang Bantuan Keuangan Partai Politik‎.

Dana parpol yang diwacanakan mengalami kenaikan dikhawatirkan memunculkan tindak pidana apabila tidak digunakan sebagaimana mestinya. Karena itu, Syarif kajian ini penting karena berkaitan dengan uang negara nantinya

“Tapi dana parpol ini kami anggap memang sesuatu yang penting agar bila terjadi lagi hukuman di politik dan macam-macam. Tapi tentunya akan didiskusikan dengan parpol,” ujar Syarif.

Lantaran kajiannya belum selesai, Syarif mengaku, pihaknya belum dapat berkomentar banyak mengenai dana partai politik ini, termasuk besaran ideal dana yang seharusnya diberikan kepada parpol.

Syarief menekankan, KPK menaruh perhatian terhadap pendanaan partai politik. Dengan didanai negara, Syarif berharap tidak ada lagi kader partai politik yang melanggar hukum dan menghalalkan segala cara demi membiayai partainya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.