Senin, 18 November 19

KPK Perpanjang Masa Penahanan Rommy

KPK Perpanjang Masa Penahanan Rommy
* Ilustrasi KPK. (Foto: dok KPK)

Jakarta, Obsessionnews.com – Komisi Pemberantasam Korupsi (KPK) memutuskan untuk memperpanjang masa penahanan mantan Ketua Umum PPP, Romahurmuziy (Rommy) selama 40 hari ke depan. Penahanan dilakukan setelah KPK mencabut masa pembantaran terhadap Rommy.

“Tadi kami tadi memanggil yang bersangkutan untuk keperluan perpanjangan penahanan selama 40 hari ke depan. Jadi penahanan yang diakui secara hukum terhadap RMY (Rommy) ini 20 hari pertama sampai tanggal 5 Mei 2019,” kata Jubir KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Diketahui masa penahanan pertama Rommy akan habis per tanggal 5 Mei. Rommy ditetapkan KPK sebagai tersangka karena diduga menerima duit Rp 300 juta dari Kepala Kantor Kemenag Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kanwil Kemenag Jatim Haris Hasanuddin.

Ia sempat dibantarkan ke RS Polri sejak 2 April lalu. Selama dibantarkan, masa penahanan Rommy tidak dihitung. KPK pun menuntaskan pembantaran Rommy di RS Polri dan membawa Rommy kembali ke rutan setelah dinyatakan tidak memerlukan rawat inap lagi.

“Pertadi malam pembantaran untuk RMY sudah dicabut, artinya statusnya kembali pada tahanan di KPK dalam penyidikan yang dilakukan ini selama yang bersangkutan ini berada di RS dalam status pembataran maka masa penahanannya tidak dihitung,” ujar Febri.

Usai melewati pembantaran di RS Polri, KPK langsung melakukan pemeriksaan terhadapnya. Rommy tiba di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (3/5/2019) dengan tangan terborgol serta mengenakan rompi tahanan berwarna oranye.

“Saya cuma ingin menyampaikan selamat kepada KPU yang telah melaksanakan Pemilu dengan luber dan jurdil dan selamat kepada partai-partai yang menjadi peserta pemilu dan kemenangan,” kata Rommy.

Rommy awalnya dirawat karena keluhan buang air besar mengeluarkan darah. Pihak RS Polri juga mengatakan Rommy mengalami masalah lain terkait riwayat operasi batu ginjal yang pernah dijalaninya.

Rommy kemudian meminta persoalan sakitnya itu ditanyakan langsung ke dokter yang merawatnya. Sedangkan untuk pemeriksaannya hari ini Rommy mengaku penahanannya diperpanjang penyidik.

“Ya perpanjangan penahanan,” sebut Rommy. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.