Selasa, 30 November 21

KPK Pastikan Selidiki Dugaan Aliran Dana ke ‘Teman Ahok’

KPK Pastikan Selidiki Dugaan Aliran Dana ke ‘Teman Ahok’
* Ketua KPK Agus Rahardjo (ketiga dari kiri).

Jakarta, Obsessionnews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menyelidiki adanya temuan aliran dana dari sejumlah perusahaan pengembang reklamasi teluk Jakarta ke ‘Teman Ahok’.

“Oh iya, itu penting. Tapi surat penyelidikan barunya belum kita terbitkan. Iya, akan diterbitkan,” ujar Ketua KPK Agus Rahardjo di kantornya, Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Tidak hanya aliran dana, dalam temuan KPK terungkap ada praktik barter dan penyuapan yang diduga melibatkan banyak pihak. Siapa dan bagaimana peran masing-masing dalam perkara ini masih menunggu penyelidikan KPK.

“Ya jangan spesifik begitu. Bahwa di situ ada kasus berbeda antara penyuapan. Kemudian kita temukan ada seperti barter. Itu perlu diselidiki lebih lanjut,” katanya.

Menurut Agus, pihaknya sudah memetakan arah penyelidikan yang akan dilakukan. Tidak akan sulit bagi KPK untuk menelusurinya, karena berkaitan dengan kasus suap reklamasi pantai Jakarta yang sudah ditangani KPK.

“Informasinya sudah ada. Siapa yang kemungkinan kita gali. Arahnya sudah ada. Kan tinggal memperdalam saja sebenarnya,” terang Agus.

“Kalau penyelidikannya gak lepas dari kasus induknya itu. Kasus induknya terkait dengan surat penyelidikan baru yang akan diterbitkan,” tambahnya.

Sebelumnya beredar informasi bahwa tim sukses Ahok yang dikenal dengan sebutan ‘Teman Ahok’ diduga ikut kecipratan uang senilai Rp 30 miliar yang bersumber dari perusahaan pengembang reklamasi teluk Jakarta.

Kabar itu menyebutkan bahwa aliran dana ke ‘Teman Ahok’ dari pengembang reklamasi diberikan melalui Sunny Tajuwidjaja selaku Staf Khusus Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.