Kamis, 26 Mei 22

KPK-MA Matangkan Perma Jerat Korporasi dalam Tipikor

KPK-MA Matangkan Perma Jerat Korporasi dalam Tipikor

Jakarta, Obsessionnews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam waktu dekat akan menerapkan Peraturan Mahkamah Agung (Perma) untuk menjerat korporasi yang terlibat dalam Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Selama ini lembaga antirasuah itu hanya bisa menjerat pengurus korporasi

“Jadi tidak cuma pelaku saja, penyuap kita tindak, tetapi ketika pengurus korporasi itu bertindak atas nama korporasi, korporasi juga harus tanggung jawab secara apa ya korporasi itu saya kira itu,” ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di kantornya, Jakarta, Senin (17/10/2016).

Namun demikian, menurut Alex Perma dimaksud masih dalam pembahasan yang melibatkan dua institusi yakni KPK-MA. Diharapkan paling telah akhir tahun ini, aturan tersebut sudah disetujui sehingga bisa langsung diterapkan.

Ya kita presentasikan sama-sama sudah kita bahas sama-sama. Ya sedang kita semurnakan lah. Ada masukan beberapa pihak,” katanya.

Alex menegaskan pengenaan pidana pada korporasi diyakini dapat menimbulkan efek jera. Alex mencontohkan banyak kasus korupsi di luar negeri yang juga memidanakan korporasi. Bahkan, menurut Alex, tidak hanya korporasi swasta yang dipidana tetapi BUMN juga dapat dipidanakan apabila melanggar hukum.

“Karena terkait hukum acara nanti, kan sebetulnya memang nanti seperti kita bilang kalau memidanakan korporasi, itu pasti akan lebih timbulkan efek jera. jadi tidak cuma pelaku saja, penyuap kita tindak,” tegas dia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.