Senin, 16 Desember 19

KPK Kembali Panggil Ketua MPR Terkait Kasus Suap

KPK Kembali Panggil Ketua MPR Terkait Kasus Suap

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan untuk menjalani pemeriksaan terkait penyelidikan kasus dugaan suap alih fungsi 140 hektare lahan kebun sawit di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

Pemanggilan ini untuk yang kedua kalinya, setelah sebelumnya Zulkifli Hasan sempat mangkir saat hendak dimintai keterangan oleh KPK. Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengaku hari ini akan datang ke KPK sekitar pukul 10.00 WIB. “Ya nanti Isnya Allah saya datang jam 10.00 WIB,” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (11/11/2014).

Zulkifli, akan dimintai keterangan oleh KPK dalam kapasitasnya sebagai mantan Menteri Kehutanan periode 2009-2014. KPK menduga Zulkifli mengatahui banyak kasus yang sudah melibatkan Gubernur Riau Annas Maamun sebagai tersangka.

“Yang bersangkutan diperiksa untuk tersangk AM,” ujar Kepala Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha.

Dalam kaitanya dengan ‎kasus ini, Annas pernah mengatakan, bahwa Zulkifli adalah pejabat negara yang telah menyetujui revisi izin alih fungsi hutan Riau pada 2014. Pemberian izin ini yang kemudian membawanya sebagai tersangka karena ia Annas diduga menerima suap senilai Rp 2 miliar.

Uang tersebut berasal dari salah seorang pengusaha bernama, Gulat Medali Emas Manurung, yang juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia Provinsi Riau. Gulat ingin status lahannya dialihkan dari masuk kategori hutan tanaman industri menjadi area peruntukan lain. Kini keduanya sudah ditahan KPK. (Abn)

 

Related posts