Minggu, 25 Oktober 20

KPK Gelar Rapim Bahas Putusan Kasasi PN Jaksel

KPK Gelar Rapim Bahas Putusan Kasasi PN Jaksel

Jakarta, Obsessionnews – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar rapat tertutup menanggapi penolakan kasasi Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terkait putusan praperadilan Komjen Budi Gunawan. Rapat ini akan memutuskan langkah hukum lanjutan yang akan ditempuh KPK.

‎”Nanti setelah rapat akan kami sampaikan bagaimana langkah selanjutnya,” ujar Plt pimpinan KPK, Johan Budi SP saat dikonfirmasi, Senin (23/2/2015).

Dihubungi secara terpisah Kepala Biro Hukum KPK, ‎Chatarina Girsang mengatakan peluang KPK mengajukan upaya hukum peninjauan kembali ke Mahkamah Agung sangat terbuka. Namun dia belum mau memastikan itu karena masih menunggu hasil rapat pimpinan.

‎”Peluang PK tentu ada, tapi hal itu tergantung keputusan pimpinan,” kata Chatarina.

PN Jaksel menolak kasasi yang diajukan oleh KPK terkait putusan praperadilan Komjen Budi Gunawan. PN Jaksel menilai kasasi yang diajukan tidak dapat diproses sesuai dengan Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) nomor 8 tahun 2011.

Kepala Humas PN Jaksel I Made Sutrisna mengatakan pihaknya tidak menerima kasasi yang diajukan KPK dengan alasan putusan praperadilan sudah final, artinya putusan tersebut tidak dapat diganggu gugat oleh pihak yang kalah.‎

“Kami akan mengeluarkan surat penetapan permohonan kasasi atas praperadilan tidak dapat diterima,” ucap dia.

Sebelumnya hakim sidang praperadilan PN, Jaksel Sarpin Rizaldi telah mengabulkan gugatan praperadilan yang diajukan Budi Gunawan atas KPK. Hakim memutuskan bahwa penetapan tersangka atas Budi oleh KPK tidak sah secara hukum. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.