Rabu, 8 Juli 20

KPK dan Unsoed Adakan FGD Komoditas Ayam Ras

Press Release

Purwokerto – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Jawa Tengah menggelar Focus Group Discussion (FGD) “Kajian Tatakelola Komoditas Strategis Ayam Ras” pada Rabu (26/7/2017), di Ruang Kuliah Program S3 (Doktor) Fakultas Peternakan Unsoed, bertema Teknik Pengelolaan dan Budidaya Ayam Ras, dan Pola Kemitraan antara Peternak Integrator dan Peternak Rakyat.

Sebagai nara sumber tampil Dr.Ir.Elly Tugiyanti,MP. (Dosen Program S3/Doktor dan Master/S2 Program Pascasarjana Unsoed dan Dosen S1 Fakultas Peternakan Unsoed), Tim Kajian Pangan Direktorat Penelitian dan Pengembangan Kedeputian Pencegahan KPK yang hadir adalah Erlangga Dwi Saputra, Faisal, Rahmasari dan Aldila Surya Hutami.

Kerangka Acuan Kegiatan (KAK) Focus Group Discussion (FGD) Kajian Tatakelola Komoditas Strategis: Ayam Ras (sumber: Tim Kajian Pangan Direktorat Penelitian dan Pengembangan Kedeputian Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi/KPK).

Sektor pangan merupakan salah satu sektor strategis di Indonesia. Sektor pangan memengaruhi hajat hidup orang banyak. Ukuran kesejahteraan ekonomi dan stabilitas sosial negara ini dapat dilihat dari ketersediaan dan keterjangkauan pangan masyarakatnya. Oleh sebab itu, adanya permasalahan dalam pengelolaan pangan akan mempengaruhi stabilitas sosial, ekonomi, dan politik negara ini.

Timbulnya masalah pangan dapat disebabkan oleh adanya dugaan korupsi dalam pengelolaan pangan di negeri ini. Oleh karena itu, KPK menaruh perhatian dalam sektor pangan. KPK, lewat fungsi pencegahan, berupaya membenahi pola pengelolaan dana pertanian, serta menyampaikan rekomendasi perbaikan sistem yang bisa meminimalkan peluang terjadinya perilaku suap-menyuap.

Selama lima tahun terakhir, KPK, melalui Direktorat Penelitian dan Pengembangan, telah melaksanakan kajian di sektor pangan. Beberapa kajian tersebut adalah kajian sistem pengelolaan pupuk bersubsidi, importasi pangan strategis, tatakelola komoditas daging sapi, pengelolaan raskin. Saat bersamaan, sejumlah rekomendasi juga sudah KPK sampaikan kepada kementerian/lembaga/instansi/pihak terkait perbaikan sistem dan tatakelola pangan strategis.

Dalam tahun 2017 ini, KPK melaksanakan kajian atas ada lima komoditas pangan strategis, diantaranya adalah komoditas ayam ras.

Permasalahan-permasalahan apa saja yang mengemuka dalam pengelolaan ayam ras di Indonesia? Solusi apa sajakah yang mungkin dapat diterapkan dalam rangka menjawab masalah-masalah tatakelola ayam ras? Apakah memungkinkan bagi Indonesia untuk memuliakan bibit ayam (pure-line, GGPS, GPS)?

Persoalan yang terjadi di atas perlu dikaji dan dianalisis lebih dalam. Hal ini dalam rangka mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai persoalan akar yang timbul pada tatakelola komoditas ayam ras.

Oleh karena itu, dalam konteks memperoleh pemahaman lebih baik atas masalah yang muncul dalam pengelolaan komoditas ayam ras, serta dengan harapan mendapatkan usulan-usulan solusi, maka diperlukan diskusi dengan sejumlah ahli atau pakar dalam komoditas tersebut.

KPK dan Fapet Unsoed-3-Tim Kajian Pangan Direktorat Penelitian dan Pengembangan Kedeputian Pencegahan KPK

Adapun Rumusan masalah adalah:
1. Persaingan bisnis/pasar antara peternak rakyat dengan peternak integrator.
2. Kelebihan impor GPS menyebabkan melonjaknya produksi DOC.

Pertanyaan yang ingin dijawab
1. Bagaimanakah kondisi terkini tatakelola komoditas ayam ras?
2. Permasalahan-permasalahan apa saja yang mengemuka dalam pengelolaan ayam ras di Indonesia?
3. Solusi apa sajakah yang mungkin dapat diterapkan dalam rangka menjawab masalah-masalah tatakelola ayam ras?
4. Mungkinkah menerapkan pola kemitraan dalam bisnis budidaya ayam ras? Bila mungkin, apa saja alasan-alasan yang bisa dijadikan argumentasi? Lalu, bagaimana pola kemitraan yang sesuai untuk peternak integrator dan peternak mitranya?
5. Apakah memungkinkan bagi Indonesia untuk memuliakan bibit ayam (pure-line, GGPS, GPS)?

Tujuan
1. Memperkaya pola pandang dalam rangka mematangkan kajian KPK mengenai tatakelola komoditas pangan strategis, khususnya komoditas ayam ras.
2. Memperkaya pemahaman sebagai salah satu dasar penyikapan KPK terhadap fenomena tatakelola komoditas ayam ras.
3. Merumuskan permasalahan terkait kerentanan korupsi dalam tatakelola komoditas ayam ras.

Output
1. Sekumpulan daftar permasalahan yang muncul dalam pengelolaan komoditas ayam ras di negeri ini.
2. Uraian daftar usulan solusi atas masalah tatakelola komoditas ayam ras.

Kegiatan
Kegiatan ini berbentuk Diskusi Kelompok Terfokus (Focus Group Discussion). Topik-topik diskusi terkait komoditas ayam ras adalah mengenai persoalan terkini dan solusi pengelolaan komoditas ayam ras, strategi pengelolaan dan pengawasan supply-demand ayam ras, dan teknik pengelolaan dan budidaya ayam ras.

Purwokerto, 26 Juli 2017.

Ir.Alief Einstein,M.Hum.:
Humas Program Pascasarjana Unsoed

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.